June 21, 2021

10 Kota Paling Layak Huni Dan Tidak Layak Huni Tahun 2021

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan sosial dan ekonomi yang dramatis dalam kehidupan sehari-hari, dengan krisis kesehatan, penutupan perbatasan dan situasi lockdown yang mempengaruhi populasi global. Namun, beberapa tempat di dunia telah mengatasi pandemi dengan sangat baik dan terus berdedikasi untuk meningkatkan daya huni kota dengan rencana yang efisien—dibalik dari semua tantangan pandemi yang terus bermunculan. The Economist’s Intelligence Unit (EIU) baru-baru ini merilis Global Liveability Index tahunannya, dengan Auckland, Selandia Baru, yang meraih posisi nomor 1. Berikut adalah 10 kota yang memberikan kondisi kehidupan terbaik di tengah pandemi Covid-19 sejauh ini.

Menurut data Global Liveability Index yang dirilis oleh The Economist’s Intelligence Unit (EIU), kota metropolitan Auckland yang terletak di Selandia Baru baru-baru ini dinobatkan sebagai kota paling layak huni no 1 secara global berkat keberhasilan mereka dalam menangani pandemi Covid-19. Ada sebuah daftar tahunan yang memeriksa sekitar 140 kota di seluruh dunia untuk mengukur tantangan yang terjadi pada gaya hidup individu tahun lalu selama pandemi. Dalam list tersebuty, setiap kota diberi skor kelayakan hidup untuk lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif dalam lima jenis kategori: stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

“Kota-kota yang naik ke peringkat teratas tahun ini sebagian besar adalah kota-kota yang telah mengambil tindakan tegas untuk menahan pandemi,” jelas Upasana Dutt, Head of Global Liveability dari The Economist Intelligence Unit. “Lockdown keras yang dilakukan oleh Selandia Baru memungkinkan masyarakat mereka untuk beraktivitas kembali dan memungkinkan warga kota seperti Auckland dan Wellington kembali menikmati gaya hidup yang mirip dengan kehidupan sebelum pandemi.” Pada awal pandemi, Selandia Baru menerapkan penguncian nasional yang ketat selama beberapa minggu untuk meminimalisir penyebaran virus. Termasuk dengan aktivitas penutupan perbatasan internasionalnya.

Dengan kinerja negara yang luar biasa, Wellington juga termasuk ke dalam peringkat 10 kota besar kayak huni di dunia, menduduki peringkat ke 4 . Sedangkan kota lain yang masuk ke dalam peringkat tersebut antara lain adalah Osaka di Jepang (#2), Adelaide di Australia (#3) dan Tokyo di Jepang (#5). Meskipun EIU tidak mengungkapkan daftar lengkap peringkat untuk 140 negara, EIU juga telah mengumumkan 10 kota paling tidak layak huni di dunia, yang ditunjukkan bersama dengan 10 kota paling layak huni di dunia di bawah ini:

 

10 Kota Layak Huni Di Dunia

  1. Auckland (New Zealand)
  2. Osaka (Japan)
  3. Adelaide (Australia)
  4. Wellington (New Zealand)
  5. Tokyo (Japan)
  6. Perth (Australia)
  7. Zurich (Switzerland)
  8. Geneva (Switzerland)
  9. Melbourne (Australia)
  10. Brisbane (Australia)

10 Kota Paling Buruk Untuk Dihuni Di Dunia

131. Caracas (Venezuela)

  1. Douala (Cameroon)
  2. Harare (Zimbabwe)
  3. Karachi (Pakistan)
  4. Tripoli (Libya)
  5. Algiers (Algeria)
  6. Dhaka (Bangladesh)
  7. Port Moresby (Papua New Guinea)
  8. Lagos (Nigeria)
  9. Damascus (Syria)
Share :