June 23, 2020

10 Trik Jitu Ini Mampu Meringankan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat adalah salah satu masalah yang mampu menurunkan rasa percaya diri kamu, khususnya ketika musim hujan. Kondisi yang dikenal dengan sebutan  nasal congestion adalah kondisi dimana selaput yang melapisi hidung meradang dan menyebabkan hidung memproduksi lendir untuk menghalau benda asing atau hal hal yang mengganggu hidung. Lendir inilah yang akan menjadi penyebab mengapa hidung kamu tersumbat. Banyak sekali hal yang dapat membuat hidung tersumbat. Polusi udara yang kotor, lifestyle yang buruk, dan kurangnya olahraga bisa menjadi alasan utama ketika terserang hidung tersumbat. Penyebab lain pun bisa dikarenakan alergi, efek samping obat-obatan tertentu, atau penyakit seperti flu yang biasa menyerang dikala musim hujan. Berikut adalah penyebab hidung tersumbat dan cara untuk mengatasinya.

by Hesikios Kevin

Image by Alexandr Litovchenko from Pixabay

Ada 4 hal penyebab hidung tersumbat:

Flu
Musim hujan selalu berkaitan dengan penyakit musiman, yaitu influenza atau lebih dikenal dengan sebutan flu. Virus flu menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, paru-paru. Virus flu ini pun bisa jadi pemicu aktivasi lendir untuk menghalau benda asing dan menyebabkan hidung menjadi tersumbat.

Batuk Disertai Pilek
“Sudah batuk, pilek lagi!”. Mungkin ini adalah keluhan yang biasa ditujukan pada kamu ketika sedang menderita penyakit ini. Batuk disertai pilek terjadi ketika ada benda asing yang masuk ke dalam hidung, yang akan membuat lapisan hidung tersebut meradang.

Alergi
Alergi bisa jadi menjadi pemicu utama tersumbatnya hidung. Alergi bisa bereaksi walaupun anda tidak sedang sakit dan sehat secara jasmaniah. Gejala alergi biasa dimulai dari hidung yang gatal dan ingus yang keluar, Apabila ingus yang keluar mempunyai komposisi yang cukup kental, bisa jadi ingus tersebut akan menyumbat rongga hidung anda.

Rinitis Vasomotor
Peradangan mukosa hidung atau biasa dikenal dengan Rinitis Vasomotor menjadi salah satu penyebab terjadinya hidung tersumbat. Hati-hati untuk anda yang gemar meminum beralkohol,  tinggal di tempat dengan suhu udara yang tidak stabil dan berada dibawah bayang bayang stress, karena anda berpotensi untuk terkena gangguan ini. Hidung tersumbat menjadi gejala utama peradangan mukosa.

Kehamilan
Mengapa kehamilan bisa menjadi salah satu penyebab dari hidung tersumbat ini? Ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan pada trisemester pertama, ketidakstabilan tubuh dalam memproduksi hormon meningkat. Walau jarang terjadi, namun beberapa wanita hamil sering mengeluhkan hidung tersumbat pada awal kehamilan mereka.

 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Kadang bukan karena cuaca yang membuat kita bisa mengalami penyumbatan hidung ini, namun juga karena hal hal yang kita lakukan sendiri secara tidak sadar. Salah satunya seperti berada di dalam ruangan AC dalam waktu yang cukup lama, terlalu asik bekerja sampai lupa meminum air. Nah, kalau sudah begini apa sih yang harus kita lakukan? Berikut adalah 10 cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat.

 

Image by silviarita from Pixabay

Meminum banyak air putih.
Hal yang paling simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat kamu adalah dengan meminum air putih. Air putih akan menjaga tubuh kamu terhidrasi dengan baik, yang akan membuat bagian sinus kamu tetap lembab. Bagaimana dengan air putih yang hangat? Minuman hangat seperti air putih hangat, teh, atau sup akan membantu melancarkan aliran lendir yang terhambat dalam hidung sekaligus membantu hidung untuk membersihkan virus dan bakteri keluar dari hidung kamu. Tubuh menjadi hangat, lendirpun hilang!

Mengoleskan minyak kayu putih
Bagi kamu yang saat ini belum mempunyai minyak kayu putih, saatnya beli sekarang! Minyak kayu putih memiliki banyak kegunaan, salah satunya melegakan hidung yang tersumbat. Minyak kayu putih mampu memberikan rasa hangat dan melancarkan hidung tersumbat. Anda bisa menggosoknya disekitar hidung atau meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat dan hirup uapnya. Jangan terlalu banyak ya, karena malah jadi akan membuat hidung kamu terganggu.

Mandi Air Hangat
Bukan hanya makanan dan minuman yang diperhatikan, namun cara mandi kamu pun juga menjadi kunci untuk meredakan hidung tersumbat. Selain meredakan stress, mandi air hangat membantu kamu untuk menipiskan lendir dalam rongga hidung dan sinus.

Menyemprotkan Saline
Kadang hal hal simpel menjadi tidak simpel apabila hidung tersumbat muncul pada saat yang kurang tepat. Untuk mencegah hal tersebut selain membawa minyak kayu putih, kamu juga perlu membawa semprotan saline untuk mengurangi dampak dari lendir yang menyumbat hidung kamu. Jangan lupa walaupun semprotan Saline dijual secara bebas di apotik-apotik, selalu diskusikan terlebih dahulu dengan dokter kamu.

Tambahkan Bantal Ekstra Sebelum Tidur.
Tidur dengan hidung tersumbat bisa jadi mimpi buruk saat malam hari. Kesulitan bernapas dan membuang ingus berkali-kali akan mengurangi kualitas tidur anda. Namun ada cara agar anda bisa mendapatkan tidur yang nyaman. Dengan menumpuk dua bantal tidur di bawah kepala anda bisa mengurangi ketidaknyamanan hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan gravitasi akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung.

Jangan Membuang Ingus Secara Kencang.
Saat hidung tersumbat, keinginan untuk membuang lendir dari hidung akan semakin kuat. Kadang ketidaknyamanan akan membuat anda untuk mengeluarkan lendir dengan keras, dimana hal ini akan memicu peradangan dalam lapisan hidung. Cukup keluarkan ingus dan lendir secara lembut dengan menggunakan tissue.

Makan Makanan Pedas
Makanan pedas dan berkuah bisa menjadi salah satu cara paling enak untuk membasmi hidung tersumbat (apabila anda penyuka pedas tentunya). Ketika menelan makanan atau minuman pedas, seperti wedang jahe,  dipercaya bisa merangsang aliran lendir dan membuatnya lebih encer dan bisa dikeluarkan. Namun harus diingat bahwa konsumsi makanan pedas tidak boleh berlebihan karena bisa membuat perut bisa memicu gastritis atau maag akut karena munculnya peradangan pada lapisan lambung.

Perbaiki Kualitas Udara.
Kamu merasa sudah melakukan hal-hal diatas namun masih terserang hidung tersumbat? Bisa jadi kamu berada di lingkungan dengan kualitas udara yang buruk. Gunakan humidifier untuk membuat udara sekitar kamu tetap lembab dan bersih, Udara lembab selain membantu kamu untuk meredakan radang dan pembekakan pembuluh darah dalam hidung, juga membantu lendir yang berada di dalam sinus menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Mengkonsumsi Bawang.
Walaupun terlihat tidak enak, namun mengunyah bawang putih mampu untuk meringankan gejala hidung tersumbat karena bahan aktif dari bawang putih itu sendiri, yaitu anti bakteri dan anti jamur. Apabila dirasa menakutkan untuk anda, anda bisa menggunakan supplemen yang terbuat dari bahan bawang putih. Cara lainnya? Anda bisa memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan, dan menghirup aroma bawang tersebut selama kurang lebih 3 sampai 5 menit. Siap-siap menangis ya!

Istirahat yang cukup
Tentunya cara-cara diatas akan menjadi sia sia apabila anda tetap memaksakan tubuh anda untuk tetap beraktifitas. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh anda untuk memulihkan kembali ke kondisi semula. Apabila hidung tersumbat sudah sangat mengganggu kehidupan anda, sudah saatnya anda memeriksakan diri anda kepada dokter.

 

 

 

 

 

Share :