May 26, 2020

4 Hal Menarik Tentang Kopi Mentega

Tidak dipungkiri bahwa kopi menjadi minuman favorit banyak orang dari masa ke masa. Selain membantu untuk tetap fokus, kopi pun sangat baik untuk membuat seseorang tetap enerjik sekaligus mampu membakar lemak. Selain memiliki banyak manfaat pada tubuh, kopi pun bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. “The Bulletproof Coffee”  atau lebih dikenal dengan nama Kopi Mentega adalah sebuah varian kopi yang sangat populer di negeri Paman Sam karena sifatnya yang menurunkan berat badan namun tetap menjaga kondisi badan tetap fit dan berenergi.

Foto: Dok. by Unsplash.com

  • Asal Muasal Kopi Mentega

Adalah Dave Asprey, seorang penulis sekaligus pengusaha yang terinspirasi oleh masyarakat Tibet dimana mereka sangat suka untuk mencampur minuman dengan mentega. Mentega yang dicampurkan pun bukan sembarang mentega. Mentega yang dipakai adalah mentega organik bebas garam atau biasa disebut mentega tawar. Dikombinasikan dengan minyak kelapa berjenis medium-chain triglycherides (MCT), racikan kopi ini mampu melindungi dari kelelahan serta menjaga tubuh dari timbunan lemak. Mendapatkan hak paten pada tahun 2009 silam, racikan kopi ini telah menjadi salah satu metode diet yang populer guna mengatasi masalah generasi saat ini, yaitu obesitas. Kopi ini biasa dinikmat saat pagi hari sebagai pengganti sarapan karena kandungan kalorinya yang tinggi.  Istilah Bulletproof Coffee sendiri diambil dari sebuah film yang menceritakan kehidupan seorang biksu dari Tibet, “Bulletproof Monk”.

  • Kebaikan Kopi Mentega

Kopi Mentega pun memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh anda. Mentega tawar yang menjadi salah satu bahan utama memiliki kandungan omega- 3 dan omega-6 yang lebih tinggi dibanding mentega biasa. Dan tentunya hal ini sangat baik untuk tubuh karena asupan omega-3 dan omega-6 dibutuhkan untuk menunjang metabolisme tubuh yang harus dipenuhi setiap hari. Di sisi lain, kandungan minyak kelapa berjenis (MCT) yang telah dicampurkan dalam kopi, mampu memacu pembakaran lemak lebih baik dibanding meminum kopi biasa. Pembakaran lemak yang baik akan memicu penurunan berat badan.

Foto: Dok. by Unsplash.com

  • Cara Pembuatan

Dengan kepopuleran kopi mentega ini, banyak orang yang meracik kopi ini di rumah mereka sendiri. Bahan bahan pembuatan kopi mentega pun tergolong simple. Anda membutuhkan:
1. 2 ½ sdm kopi hitam bubuk favorit anda (kalau bisa kopi yang tidak meninggalkan ampas)
2. 1 sdm mentega tawar bebas garam
3. 2 sdm minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil
4. 1 cangkir air (± 240 ml)

Apabila semua bahan sudah siap, berikut cara untuk meracik kopi mentega.

1. Larutkan bahan bahan yang telah anda siapkan di atas dengan ½ gelas air panas. Aduk lembut sampai bahan bahan tersebut telah tercampur dengan baik.
2. Tambahkan whipped cream atau es batu apalagi ingin membuat versi Es Kopi Mentega. Untuk whipped cream, carilah yang bebas atau rendah karbo.
3. Kopi Mentega siap untuk disajikan

  • Batasan Mengkonsumsi Kopi Mentega

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan kandungan yang baik dari kopi mentega ada baiknya untuk  mengetahui batasan-batasan dalam mengonsumsi kopi mentega ini agar tetap memberikan manfaat baik untuk tubuh. Kopi mentega tidak bisa menggantikan nutrisi dari berbagai makanan yang diperlukan untuk tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi kopi mentega akan menghasilkan kadar lemak jenuh yang tinggi di dalam tubuh. Lemak jenuh yang tinggi yang dihasilkan dari kombinasi mentega tawar dan minyak kelapa akan memicu kolesterol jahat yang akan berujung kepada timbulnya penyakit, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, atau stroke. Manfaat baik yang diserap tubuh dari kopi mentega ini hanyalah sebagian kecil dari manfaat yang diperlukan oleh tubuh sehari-hari. Anda tetap harus mengimbangi konsumsi kopi mentega ini dengan asupan karbohidrat dan gula yang cukup. Kekurangan nutrisi akan terjadi apabila tubuh tidak mendapat asupan asupan nutrisi dari makanan lain. Hal ini tentu akan bertentangan dengan dengan program diet yang sehat karena menjalankan program diet yang baik adalah dengan menyeimbangkan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Share :