January 04, 2021

4 Hal Simple Untuk Menjadi Wisatawan Cerdas

Wajib bagi kita untuk menjadi wisatawan cerdas dengan menjaga kelestarian alam, menghormati tradisi dan gaya hidup penduduk setempat, dan juga ikut berkontribusi positif dengan komunitas lokal. Yuk baca ulasan lengkapnya mengenai cara agar dapat menjadi wisatawan yang cerdas dan ramah lingkungan.

by Chatarina Monteiro

 

Menggunakan Akomodasi yang Ramah Lingkungan

Image by NataliaDeriabina

Dalam memilih akomodasi ketika melakukan perjalanan wisata, pilihlah destinasi wisata yang ramah lingkungan. Baik itu tempat yang belum terlalu dikenal orang hingga wilayah yang ramai, atau suatu daerah tujuan dimana kita dapat berpartisipasi dalam kegiatan bersama para relawan. Tidak hanya destinasi, tetapi pilihlah juga tempat penginapan yang ramah lingkungan. Hal tersebut umumnya ditandai dengan penginapan yang memiliki sistem pengolahan limbah secara efektif.

Hidup Seperti Orang Lokal

Image by Suffix from Pixabay

Hidup seperti lavaknya masyarakat lokal merupakan salah satu tips yang penting untuk mendapatkan kenyamanan dalam melakukan travelling. Hal ini tentunya akan memberikan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat di wilayah tempat kita berlibur. Bagaimana tidak, karena jika kita berada dan menginap di suatu tempat, serta memutuskan untuk berbaur maka saat itu kita sedang melakukan membantu masyarakat lokal secara finansial. Selain itu, hal tersebut tentunya dapat menjadikan cerita dan pengalaman Iiburan kita menjadi lebih otentik.

Mengurangi Penggunaan Plastik

Image by Julia_Sudnitskaya

Mengurangi pemakaian benda dengan berbahan dasar plastik tentunya harus dilakukan dimana saja dan kapan saja, termasuk ketika melakukan perjalanan wisata. Salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan plastik yaitu dengan meggunakan barang yang bisa
dipakai secara berulang kali. Dapat dimulai dengan membawa tas belanja ‘reusable”, menggunakan sedotan stainless steel, hingga membawa botol minum sendiri.

 

Peduli dengan Lingkungan

Image by Sarayut

Sikap peduli lingkungan berarti kita harus berhati-hati dengan wilayah di sekitar kita. Jika kita berada di daerah yang mengalami kekeringan, maka kita harus menggunakan air yang secukupnya. Serta apabila kita tidak yakin jika tempat yang akan dikunjungi memiliki
fasilitas daur ulang, maka alangkah baiknya kita tidak membuang sampah sembarangan, simpan dan kemudian bawa kembali kerumah untuk dibuang pada tempatnya. Selain itu, hal lain perlu diperhatikan adalah jangan memberi makan satwa liar setempat.

Share :