May 28, 2020

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Masker Kain

Image by Pixabay

Ketika masker bedah masih sulit ditemukan di berbagai minimarket, masker kain menjadi alternatif untuk menghalau dan mencegah menyebarnya virus COVID-19. Selain memberikan perlindungan terhadap penggunanya, masker kain juga ekonomis karena bisa dipakai berulang kali. Karena bahannya yang terbuat dari kain, maka masker ini memiliki penanganan tersendiri agar tidak menjadi sarang virus dan bakteri. Agar “New Normal” berjalan dengan baik dan aman, berikut 4 langkah dalam mengenakan masker kain yang baik yang dikutip dari panduan Badan Obat dan Pengawasan Makanan (BPOM) dalam pencegahan COVID-19.

  • Membersihkan Tangan

COVID-19 terbukti mampu menempel di benda mati dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, mencuci tangan sebelum memegang benda menjadi hal yang wajib dilakukan, termasuk saat memegang masker kain yang akan kita kenakan.

Image by Couleur from Pixabay

 

  • Menutupi Hidung dan Mulut Keseluruhan

Penggunaan masker yang baik adalah ketika masker menutupi bagian hidung dan mulut karena menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan dimasuki virus. Saat sudah memakai masker kain, pastikan area hidung dan mulut sudah tercover dengan baik. Pastikan juga penggunaan masker kain ini tidak lebih dari 4 jam.

Image by Juraj Varga from Pixabay

  • Hindari Menyentuh Masker Kain

Karena fungsinya untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh, sebisa mungkin hindari untuk menyentuh masker langsung dengan tangan. Apabila menyentuh masker secara langsung, pastikan untuk mencuci kembali tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer yang berbasis alcohol.

Image by MSN.com

  • Membuka Dari Belakang

Pastikan untuk tidak menyentuh bagian luar ketika ingin melepas masker. Bukalah masker dari tali belakang dan jangan lupa untuk mencuci masker setelah dipakai beberapa jam. Setelah melepas masker, cuci tangan kembali dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik untuk memastikan tangan bersih dari virus dan bakteri yang menempel.

Image by WTSP.com

Disadur dari detik.com “Sepele tapi Penting! Begini Cara Pakai Masker Kain yang Benar”
Penulis: Hesikios Kevin

Share :