August 26, 2021

5 Alasan Mengapa Vit. C Menjadi Bahan Populer untuk Skincare

Tubuh yang sehat memerlukan berbagai nutrisi lengkap untuk menjalankan fungsinya setiap hari. Begitu juga dengan kulit. Kulit yang sehat dan menawan tidak hanya membutuhkan vitamin dari dalam tubuh, namun juga membutuhan perawatan ekstra dari luar untuk menjaga tekturnya. Salah satunya adalah penggunaan vitamin C untuk kesehatan kulit. Dari sekian banyak produk kecantikan kulit yang dipasarkan oleh berbagai brand, banyak lini skincare yang memasukan vitamin C karena dipercaya bisa memberikan berbagai manfaat baik dalam sisi kesehatan ataupun kecantikan. Berikut adalah alasan mengapa vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit.

by Anastasia Kathleen

 

Memudarkan Spot Hitam

Kalau kamu sering terpapar sinar matahari, atau mulai mengalami penuaan kulit, mungkin akan tumbuh bintik-bintik hitam pada kulit. Dark spots tersebut timbul akibat kelebihan produksi melanin, yaitu pigmen gelap pada kulit kamu. Vitamin C dapat membantu memudarkan dengan membatasi enzim yang bertanggung jawab dalam produksi melanin. 

 

Mencegah Penuaan

Get that flawless skin! Semakin umur kamu bertambah produksi kolagen akan berkurang, kamu mulai merasa kulit kamu sudah mulai tidak kencang.  Vitamin C akan membantu dalam produksi kolagen dan mencegah penuaan dini karena akan mengurangi kerutan pada wajah.

 

Mengurangi Kemerahan Pada Kulit

Menurut ahli bedah kulit,  Howard Sobel, anti-inflamasi dapat digunakan untuk merawat kulit karena dapat menenangkan inflamasi ataupun kemerahan pada wajah. Kalau kamu memiliki kulit yang sensitif akan matahari atau polusi udara atau baru saja mengalami alergi kulit, pakailah krim bertekstur ringan dengan kandungan vitamin C untuk membantu penyerapan lebih maksimal pada kulit dan membantunya untuk healing.

 

Membantu Menyembuhkan Luka Jerawat

Luka bekas jerawat pada wajah dapat membuat kamu kurang percaya diri, vitamin C dapat membantu dalam penyembuhan acne scars tersebut. Ketika dioleskan langsung ke bagian tersebut,  dia merangsang produksi kolagen dan elastin yang memicu kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Sifatnya juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi lain yang diperlukan dalam penyembuhan luka.

 

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Tetaplah tampil memukau walau harus melakukan banyak aktifitas outdoor. Walaupun memakai masker, kulit kita tetap dapat terpapar sinar matahari secara tidak langsung yang bisa merusak kulit. Vitamin C dapat membantu membatasi kerusakan ini karena sifat antioksidannya dan mencegah kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas dari efek berbahaya seperti merokok dan sinar matahari. Pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan vitamin C untuk menjaga kulit kamu secara optimal.

 

Share :