September 27, 2021

5 Brand Sepatu Sustainable yang Wajib Kamu Koleksi Tahun Ini

Dalam beberapa tahun belakangan ini, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Mulai dari automotif, peralatan rumah tangga hingga fashion items, berbagai label sepatu kets di dunia ini juga turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Berikut ini lima brand sneakers vegan dan berkelanjutan yang wajib masuk ke dalam shopping list-mu.

by Wendi Lee

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by LØCI (@lociwear)

 

Løci merupakan label sepatu kets vegan yang dibuat dari plastik daur ulang dari Mediterania dan Pantai Atalantik Afrika serta karet dan bambu. Bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan, Løci juga menggunakan motode produksi yang progresif dan integrasi vertikal. Produksi bulanan pun turut dibuat sesuai dengan permintaan pelannggan, sebagai lawan dari pra-pemesanan musiman volume besar yang dapat menghasilkan produk surplus.

 

Veja

 

View this post on Instagram

 

A post shared by VEJA (@veja)

Veja sangat serius dalam menggunakan bahan yang berkelanjutan untuk desainnya seperti suede vegan berpotongan karet SDU RT dan sepatu kets mesh yang terbuat dari suede vegan, dan dilengkapi dengan mesh bernapas dan anti air yang dibuat dari tiga botol plastik daur ulang. Ini juga mengandung sol tengah yang terbuat dari 53% tebu dan sol karet yang bersumber dari hutan hujan Amazon. Untuk menambah kenyamanan pemakainya, mereka bahkan dilapisi dengan jersey daur ulang untuk bantalan ekstra.

 

Thousand Fell

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Thousand Fell (@thousand_fell)

Dibuat di Brasil dan dirancang di New York City, merek sepatu kets vegan ini mendorong sekularitas yang sadar lingkungan dan desain yang kekinian dengan kreasinya yang menggabungkan bahan modern serta ethically-sourced materials. Berfokus pada kenyamanan, ketahanan serta dapat didaur ulang, Thousand Fell juga menggunakan sol berbahan daur ulang yang terbuat dari kelapa, tebu, dan palem.

 

Ethletic

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ETHLETIC (@ethletic)

 

Menggabungkan urban dan street aesthetic pada High Top vegan sneaker-nya, Ethletic lebih dari sekedar sepatu dengan desain yang menawan, tetapi juga aman bagi lingkungan. Terbuat dari kapas organik dan karet alam, Fair Sneaker Hiro dibuat secara etis di Sri Lanka. Kapasnya pun bersumber dari Fairtrade producers, certified and traded according to Fairtrade standards. Solnya terbuat dari karet alami bersertifikat FSC® dari perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan.

 

Ahimsa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ahimsa (@useahimsa)

Didirikan pada tahun 2014, Ahimsa memiliki arti “membangkitkan kesadaran” dalam bahasa Sanskerta. Label sepatu bekerlanjutan ini mengenakan berbagai bahan ramah lingkungan seperti kulit vegan menyerap keringat dan tahan air. Kombinasi insole biolatex dan sol karet lateks juga menjamin kelembutan dan fleksibilitas penggunanya.

Share :