November 06, 2020

5 Cara Mudah Untuk Mengurangi Stress Pekerjaan

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mengalami kelelahan mental di tempat kerja sering kali terjadi bagi banyak orang sehingga berimbas kepada penurunan performa kerja. Berbicara kepada human resource mengenai kesulitan yang dihadapi di dunia kerja menjadi salah satu cara utama untuk mengkomunikasikan hambatan pekerjaan. Namun, selagi menunggu team human resource bertindak, ada beberapa cara untuk meringankan stress pekerjaan dan merilekskan pikiran. Dikutip dari verywellmind.com, berikut 5 cara mudah untuk tetap fokus sembari meringankan stress ketika bekerja. 

by Hesikios Kevin

Photo by YakobchukOlena

Memulai Hari dengan Benar

Photo by SrdjanPav

Terburu-buru menyiapkan makanan untuk keluarga, terkena kemacetan lalu-lintas, dan meneguk kopi sebagai pengganti sarapan secara tidak langsung dapat membuat pekerja tiba di kantor mereka dengan keadaan stress. Inilah yang membuat mereka lebih reaktif terhadap pemicu stress di tempat kerja. Untuk mengantisipasi stress pada pagi hari, mulailah hari ini dengan perencanaan seperti kapan waktu memasak yang tepat, kapan harus berjalan mengantar anak ke sekolah, serta mengkonsumsi sarapan yang bernutrisi dapat membuat pekerja lebih mudah untuk menghindari stress pada pagi hari. 

 

Mengetahui Secara Jelas Jobdesk yang Diberikan

Photo by g-stockstudio

Faktor yang diketahui berkontribusi terhadap kelelahan kerja adalah pemberian jobdesk yang tidak jelas bagi karyawan. Jika pekerja tidak tahu persis apa yang diharapkan perusahaan dari mereka, atau jika jobdesk pekerja terus berubah-ubah tanpa ada kejelasan yang pasti, hal ini akan memicu burnout yang menyebabkan mereka lelah dalam menghadapi pekerjaan. Tentunya hal ini juga tidak bagus untuk perusahaan karena menjadi salah satu alasan karyawan mengalami penurunan kesehatan mental.  Jika pekerja mendapati diri mereka sendiri tidak pernah tahu apakah yang mereka lakukan sudah cukup, ini menjadi pertanda saatnya untuk membicarakan hal tersebut dengan manager atau supervisor. Pekerja bisa meluangkan waktu untuk membahas goal yang akan dicapai dan mendiskusikan strategi untuk memenuhinya. Ketika jelas strategi dan goal apa yang akan tercapai, ini akan membuat pekerja lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan stress yang tidak berlebihan.

 

Menjauhi Konflik

Photo by Antonio_Diaz

Konflik antarpribadi berdampak pada kesehatan fisik dan emosional pekerja. Konflik di antara rekan kerja bisa jadi sulit untuk dihindari, namun usahakan sebaik mungkin untuk menghindari konflik di tempat kerja. Kurangi bergosip, jangan terlalu banyak mengungkapkan pendapat pribadi tentang agama dan politik, dan hindari permainan politik kantor dan usahakan tetap “lurus dan netral”. Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari rekan kerja yang tidak bekerja dengan baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Jika pekerja menghadapi sebuah konflik, pastikan tahu cara menanganinya dengan tepat.

 

Tetap Teratur

Photo by NicoElNino

Meskipun ada beberapa orang yang selalu berantakan dan sudah mendarah daging, merencanakan jadwal ke depan untuk tetap teratur dapat sangat mengurangi stres pekerja di tempat kerja. Apabila manajemen waktu bisa diatur dengan baik, hal ini akan mengurangi kesibukan di pagi hari untuk menghindari keterlambatan serta mengurangi kesibukan di penghujung hari. Menjaga diri untuk tetap teratur juga bisa berarti menghindari efek negatif dari kekacauan, dan menjadi lebih efisien ketika melakukan pekerjaan

 

Mendengarkan Music Saat Pulang.

Car audio system concept. Music player in car. This will help you feel relaxed when you are driving.It is the amplifier technology that needs to be installed in the car.

Mendengarkan musik memberikan banyak manfaat dan dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stres sebelum, selama, dan setelah bekerja. Memainkan lagu yang membangkitkan semangat saat membuat sarapan di tempat kerja dapat membantu Anda memulai hari dengan perasaan lebih siap untuk berinteraksi dengan orang-orang dalam hidup Anda. Selain itu, melawan stres karena hari yang panjang dengan musik favorit ketika dalam perjalanan pulang dapat membantu pekerja menenangkan diri dan mengurangi stres saat tiba di rumah.

 

Share :