January 12, 2021

5 Cara untuk Memberi Warna Pada Ruang Kerja Anda

Hidup adalah sebuah pilihan, terlebih ketika itu menyangkut pekerjaan. Pekerja dapat memilih untuk menghabiskan harinya untuk bekerja di bilik abu-abu yang kusam atau beraktivitas dengan nyaman di ruangan yang rapi dikelilingi dengan warna yang hidup. Terlepas dari itu, tentunya pekerjaan adalah pekerjaan. Baik itu bekerja di kantor maupun di rumah sendiri, merasa nyaman di ruangan kerja sendiri dapat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk menaikan performa kerja. Berikut beberapa tipsnya untuk mengubah ruangan kerja yang membosankan menjadi sebuah workspace yang fun dan segar. 

Photo by Domenico Loia on Unsplash

 

 

Tambahkan Pencahayaan yang Unik!

Photo by Annie Spratt on Unsplash

 

Bilik yang cerah tidak hanya menimbulkan rasa nyaman di tempat kerja, namun juga meningkatkan mood, kreativitas, dan kemampuan kognitif seseorang. Meskipun ada beberapa posisi tempat yang membuatnya tidak dapat menarik cukup cahaya alami ke bilik kerja, namun ada banyak cara lain untuk membuat workspace cerah dan bersinar. Salah satunya dengan cara menggunakan lampu tambahan dengan bentuk unik yang akan membantu untuk menciptakan suasana semarak yang mencerminkan sebuah gaya yang unik. Tidak hanya itu, percantik meja kerja dengan menaruh lampu Tetris lama, steampunk, atau lampu batu garam Himalaya. 

 

Letakkan Tanaman Segar

Photo by Olena Sergienko on Unsplash

 

Menghiasi bilik dengan tanaman hias mampu merevitalisasi mata dan menjadi salah satu dekorasi yang menenangkan jiwa. Pilihan populer dalam hal ini adalah berbagai jenis tanaman udara atau Tillandsia. Selain mudah dirawat dan sangat kecil, kemampuan bertahan hidupnya sangat tingi dan tidak merepotkan pekerja yang sangat sibuk. Tanaman ini juga menjadi aksesoris yang cantik apabila dilengkapi dengan frame dari kayu dan bebatuan. Tanaman populer lainnya udalah kaktus dan sukulen. Hal terbaik tentang tanaman ini adalah mereka tidak menarik serangga dan tidak membuat alergi.

 

Kalender Kayu

Photo by Sarah Elisabeth on Unsplash

 

Kesan natural semakin didapatkan dengan menambahkan elemen kayu pada meja kerja. Sebagian oranga tidak memerlukan kalender di bilik kantor, apalagi kalender dua dimensi yang  mengiklankan produk perusahaan tempat mereka bekerja. Kalender menjadi salah satu hal klasik yang dapat diletakkan untuk membantu mengingatkan jadwal pekerjaan sehari-hari. Gunakan kalender yang berbasis kayu untuk membuat bilik kerja terlihat lebih mewah dan elegan.

 

Berikan Warna yang Hidup

Penggunaan skema warna yang tepat dapat benar-benar menenangkan saraf Anda dan mengurangi depresi dan stres terkait pekerjaan. Tidak hanya itu, warna-warna tersebut dapat membuat bilik Anda lebih hidup dan tidak membosankan. Warna tanah yang menenangkan seperti hijau dan biru membangkitkan perasaan tenang jika Anda ingin mengurangi stres. Sementara warna-warna terang, seperti putih hangat, bagus jika Anda ingin menciptakan ruangan yang bebas dari gangguan. 

 

Jendela Palsu.

Photo by Aleksi Tappura on Unsplash



Elemen jendela salah satu elemen penting yang mampu membangkitkan semangat bekerja seseorang dan mendapatkan cahaya yang natural. Namun apabila bilik kerja dikelilingi oleh tembok, penggunaan jendela palsu dapat meringankan suasana yang “berat”. Meskipun, ini tidak akan membiarkan pekerja menikmati angin segar, banyak sinar matahari atau pemandangan alam yang berubah namun akan membuat yang duduk di sana merasa benar-benar dikelilingi oleh alam.

 

Share :