January 16, 2021

5 Cemilan Malam Yang Ternyata Menyehatkan

Walaupun sudah makan sesuai dengan pola makan ideal, kebanyakan orang yang ternyata masih merasa lapar saat menjelang tengah malam. Ngemil saat tengah malam sesekali bukan masalah besar, terlebih ketika mengkonsumsi cemilan yang sehat. Berikut adalah beberapa cemilan yang sehat dan penuh gizi yang pas untuk dikonsumsi ketika pergantian hari. 

 

Segelas Susu Rendah Lemak

Susu kaya akan asam amino yang disebut triptofan yang membantu memproduksi melatonin dan serotonin, yang pada akhirnya akan membantu proses tidur. Melatonin adalah hormon alami yang memberi tahu tubuh seseorang sudah waktunya tidur. Kandungan serotonin yang bertanggung jawab atas mood seseorang tersebut dapat menenangkan kecemasan yang mungkin mengganggu tidur malam yang nyenyak. Tidak hanya itu, susu juga tinggi protein yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 

Sepiring Keju dengan Biskuit Crackers

Menjadi sebuah cemilan malam yang lezat, kombinasi  keju dengan biskuit crackers membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Camilan larut malam harus mengandung kurang lebih 200 kalori. Sebuah stik keju memiliki sekitar 80 kalori dan lima biskuit gandum kurang lebih memiliki sekitar 110 kalori.  Menjaga kalori tetap rendah dan memilih makanan sehat dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Salah satu kombinasi alternatif lainnya adalah dengan memakan sepotong roti gandum utuh yang diolesi dengan part-skim ricotta dan sedikit madu atau dua kue beras dengan irisan keju.

 

Semangkuk Kacang

“Makan sekitar 10 hingga 12 almond, kacang tanah, kacang mete, atau kenari adalah cara yang bagus untuk menghilangkan rasa lapar sebelum tidur” jelas Ania M.Jastreboff, MD, PhD, seorang profesor kedokteran, endokrinologi, dan metabolisme dan direktur Berat Badan Manajemen dan Pencegahan Obesitas yang bekerja di Fakultas Kedokteran Universitas Yale dikutip dari Reader’s Digest. Kacang kaya akan lemak, protein, dan serat yang baik untuk Anda, yang semuanya meningkatkan rasa kenyang. Tidak ingin menghitung? Kamu bisa membeli kacang yang telah tersedia dalam kemasan 100 kalori tanpa perlu khawatir akan kelebihan kalori. 

 

Apel dengan 1 sendok makan selai kacang

Ini bisa menjadi cemilan tengah malam yang enak untuk seseorang yang menyukai makanan manis. Selai kacang tinggi kaya akan protein dan lemak sehat untuk membuat seseorang merasa kenyang. 

Menurut ahli gizi bernama Eshani Ewing, RD, yang bekerja di Orlando mengatakan bahwa kunci untuk cemilan malam yang sehat adalah dengan memastikan bahwa nutrisi dalam cemilan tersebut seimbang. Ia juga menjelaskan bahwa karbohidrat seperti apel atau pisang harus selalu dipasangkan dengan protein seperti kacang atau selai kacang.

 

Edamame

Kedelai hijau atau kacang edamame rendah kalori dan tinggi protein. Taburkan satu cangkir edamame kukus dengan garam, jintan, bubuk cabai, dan serpihan cabai merah untuk mendapatkan sebuah cemilan tengah malam yang gurih dan lezat.

 

Share :