August 29, 2020

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Bagi Kamu Penggemar Thriller dan Misteri

Berlibur ke tempat yang pernah menjadi TKP kejahatan tentu terlihat aneh. Namun bagi para penggemar misteri, mengunjungi satu lokasi TKP legendaris tentu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Seperti contoh 5 destinasi di bawah ini yang sempurna untuk kamu para penggemar Thriller dan misteri. Cek selengkapnya di sini.

By Adriana Anggraeni

1/5 London, UK – Jack the Ripper 

Photo by Stefano Bianchetti/Corbis — Getty Images

Nama Jack The Ripper tentu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar misteri. Jack the Ripper sendiri merupakan julukan terhadap seorang pembunuh berantai yang meneror kota London di sekitar tahun 1888. Menurut berbagai penyelidikan, Jack the Ripper berhasil membunuh 5 wanita di sekitar daerah distrik Whitechapel dan hingga sekarang belum diketahui secara pasti.

Oleh karena itu, sekumpulan penggemar berat Jack membuka satu tur yang bernama Jack the Ripper Tour. Diadakan sejak tahun 1982, para wisatawan akan diajak mengunjungi berbagai TKP ditemukannya korban Jack, seperti gang Victorian dan distrik Whitechapel. Lebih spesialnya lagi, para anggota tur akan dipimpin oleh tour leader berpengalaman yang ahli dalam kasus Jack the Ripper.

Medellín, Kolombia – Pablo Escobar

Photo by stampsonthepassport.com

Siapa yang tidak mengenal Pablo Escobar? Drug Lord asal Kolombia ini memang sangat melegenda bahkan hingga saat ini. Sehingga saking legendarisnya, pemerintah di tanah kelahirannya yaitu Medellin membuka satu tur khusus bagi para wisatawan yang ingin melihat langsung tempat dimana Pablo Escobar berkuasa pada masanya. Seperti La Catedral tempat Pablo dipenjara dan tempat peristirahatan terakhirnya. Lebih spesialnya lagi, tur ini dipimpin langsung oleh Charles Palau, seorang anggota SWAT yang ikut bertugas saat penangkapan sang raja narkoba.

Pripyat, Ukrania – Chernobyl 

Photo by holidayme

Tidak dapat dipungkiri jika peristiwa bocornya reaktor nuklir Chernobyl pada April 1986 lalu merupakan salah satu bencana paling buruk sepanjang sejarah. Bahkan saking legendarisnya, perusahaan TV, HBO sampai membuat serial TV dengan judul ‘Chernobyl’ yang menceritakan peristiwa naas yang diperkirakan menewaskan sekitar 42 orang dan membuat ratusan orang cacat fisik.

Melihat begitu suksesnya acara tersebut, pemerintah setempat resmi membuka satu tur resmi yang dapat membawa para wisatawan untuk mengunjungi Chernobyl Exclusion Zone yang meliputi kota Pripyat, Ukrania dan Belarus dengan tur leader berpengalaman. Namun perlu diingat kalau para anggota tur harus mengikuti beberapa aturan selama tur seperti melewati screening tubuh atau tidak diperkenankan menyentuh atau duduk di sekitar daerah tersebut.

Los Angeles, Amerika Serikat – Charles Manson

Photo by Robyn Beck / AFP

Kriminal dan pemimpin sekte paling terkenal asal Amerika, Charles Manson tentu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar kasus pembunuhan. Charles Manson sendiri merupakan seorang pembunuh berantai dan juga penemu “Manson Family”. Di tahun 1960-an, Charles dan “keluarganya” berhasil meneror California dengan membunuh artis, Sharon Tate yang dimana menjadi salah satu kasus paling legendaris Manson Family yang diberi nama kasus pembunuhan Tate-LaBianca.

Sadar akan betapa legendarisnya sosok Manson, satu agen tur bernama Dearly Departed Tours mengadakan Helter Skelter Tour yang akan membawa wisatawan untuk melihat TKP kasus Tate-LaBianca. Tidak hanya itu, para wisatawan juga akan dibuat merinding dengan sebuah rekonstruksi dari kejadian naas tersebut. Lebih spesialnya lagi, tur ini menyediakan sebuah rupa rekaman audio yang menjelaskan motivasi dari sang pembunuh. Tur ini sendiri dipimpin oleh Scott Michaels, seorang peneliti yang ahli tentang sejarah Manson Family.

Chicago, Amerika Serikat – Al Capone 

Photo by Flickr

Terakhir ada tur yang bisa membawa kamu mengunjungi daerah kekuasaan Al Capone di Chicago. Al Capone merupakan seorang gangster dan pemimpin dari sindikat kriminal bernama Chicago Outfits yang sangat berkuasa sekitar tahun 1920-an. Lewat tur khusus tersebut, para penggemar sang gangster dapat mengunjungi beberapa lokasi bersejarah yang menjadi saksi kejamnya Al Capone dan para rekannya. Sebut saja seperti Biograph Theatre, Holy Name Cathedral dan TKP dari St Valentine’s Day Massacre yang paling terkenal. Sehingga tidak heran, jika kamu dapat merasakan ketegangan ala layaknya era berkuasanya Al Capone saat mengikuti tur ini.

Source: Indonesia Tatler
Share :