July 28, 2021

5 Figur Down Syndrome yang Menginspirasi Banyak Orang di Dunia

Memiliki kekurangan dalam diri bukan berarti tak bisa mengejar mimpi. Dalam salah satu episode Oprah Show di tahun 2004, bintang tamu sekaligus penyandang down syndrome, Chris Burke, berkata kepada Oprah bahwa cacat bukanlah penghalangnya dalam meraih mimpinya untuk menjadi aktor Down Syndrome pertama yang muncul di layar televisi. Baginya, hal yang terpenting adalah bagaimana mengasah diri untuk bisa lebih baik, terutama adalah kemampuan akting. 

Sejak kemunculannya, mulai terlihat banyak sekali kemunculan selebriti ataupun public figure pengidap Down Syndrome yang telah berhasil mengubah stereotip melalui pencapaian serta perjuangan mereka dalam dunia hiburan. Berikut adalah beberapa figur sukses dengan Down Syndrome yang berhasil memukau khalayak dunia dengan berbagai keberhasilan mereka. 

By Hesikios Kevin

 

Zack Gottsagen

Photo by Kevin Winter/Getty Images

Berperan sebagai Zak dalam film komedi “The Peanut Butter Falcon”, Zack Gottsagen membuktikan bahwa dirinya mampu untuk menjadi presenter pertama Academy Awards dengan Down Syndrome di acara penghargaan Oscar 2020 yang lalu. Bersama dengan partnernya, Shia LaBeouf, sang aktor juga turut mempersembahkan Oscar untuk film pendek live action terbaik berjudul The Neighbors’ Window pada malam itu. Meskipun aktor tersebut belum meraih penghargaan apapun dalam acara tersebut, Ruderman Family Foundation, yang mengadvokasi inklusi penyandang disabilitas, bersama dengan para audience lainnya memberikan tepuk tangan meriah atas usahanya dalam mematahkan stigma terhadap penyandang disabilitas di dunia hiburan. 

 

Lily D’ moore

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lily D Moore (@lilydmooreofficial)

 

Artis Down Syndrome yang berperan sebagai kakak dari Paxton Hall Yoshida dalam serial populer Netflix “Never Have I Ever” merupakan sosok yang lebih dari sekedar bintang film biasa. Wanita yang akrab disapa sebagai Lily ini adalah model, pemandu sorak, serta pendiri organisasi nirlaba untuk para tunawisma dan pendukung sesama penyandang Down Syndrome. Sebagai aktris yang selalu menyuarakan bahwa semua orang adalah unik dan cantik, salah satu impian Lily yang saat ini sedang dikejarnya adalah menjadi salah satu aktris Down Syndrome yang meraih penghargaan piala Oscar.

 

Madeline Stuart

Ketika berbicara mengenai Madeline Stuart, banyak orang akan mengaitkannya dengan New York Fashion Week. Model Australia tersebut menjadi orang kedua dengan sindrom Down yang berjalan di NYFW pada tahun 2015, dan menjadi salah satu figur catwalk terkenal sejak itu. Tidak hanya itu, Madeline juga merilis lini fashion nya sendiri bernama 21 Reasons Why yang,terinspirasi dari anatomi kromosom 21 pada mereka yang mengidap sindrom Down.

 

Sujeet Desai 

Image by https://www.uticaod.com/

 

Sujeet Desai adalah seorang yang ahli dalam memainkan tujuh instrumen musikal dan merupakan musisi pertama dengan sindrom Down yang bermain di Carnegie Hall. Instrumen yang dikuasainya yakni Bb dan klarinet bass, saksofon alto, biola, piano, terompet, dan drum. Dengan bakatnya yang besar, ia telah tampil dalam setiap pertunjukan musik di negaranya serta di 13 negara lainnya. Berbagai award telah diraihnya, seperti Achievement Award on United Nations International Day of Disabled Persons, the World Down Syndrome Day Award from Down Syndrome International, dan The Thank You Award from Special Needs Families Developmental Center di Dubai.

 

Isabella Springmuhl Tejada

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GoddessesRock (@goddessesrock)

Isabella Springmuhl Tejada menjadi salah satu dari sedikit banyak fashion designer yang berhasil mematahkan berbagai stigmata yang ditemukan dalam dunia fashion. Berkat kecintaannya terhadap fashion serta bakat desain yang telah ia latih dari kecil, Isabella menjadi  perancang busana pertama dengan Down Syndrome yang karyanya dipamerkan di London Fashion Week. Wanita yang masuk ke dalam list BBC’s 100 Women list ini memiliki brand fashionnya sendiri bernama Down To Xjabelle yang menampilkan berbagai rancangan unik dan cantik yang bisa dibeli secara online di website sang desainer.

Share :