December 29, 2020

5 Foto Kilas Balik Bagaimana Sekolah di Dunia Beradaptasi dengan Pandemi

Pandemi tidak hanya mengubah bagaimana cara kita bekerja dan bersosialisasi, namun juga berdampak pada perubahan sistem pembelajaran. Kelas virtual dipandang menjadi suatu hal yang umum, namun pembelajaran yang perlahan berlangsung secara normal dianggap sebagai salah satu keputusan yang luar biasa. Dalam kelas “new normal” ini, pihak sekolah pun menambahkan partisi plastik ke ruang kelas mereka dan mewajibkan anak-anak mengenakan masker wajah. Pemeriksaan suhu juga menjadi bagian dari rutinitas rutin untuk pembelajaran secara langsung. Dikutip dari Insider, berikut adalah 5 foto-foto kegiatan sekolah yang diambil dari berbagai dunia dengan sistem penerapan pembelajaran baru mereka.

by Hesikios Kevin

Image by Nidal Eshtayeh – Xinhua Getty Images

 

 

Belajar di Dalam Kotak Plastik

Image by Lauren DeCicca – Getty Images

Banyak hal dilakukan sekolah untuk menghindari penularan antara pendidik dan pelajar. Sebuah taman kanak-kanak di Sekolah Wat Khlong Toey di Bangkok, Thailand, memakai masker wajah saat mereka bermain di area bersekat yang digunakan untuk menjaga jarak.

 

Melakukan Pembelajaran Online di Dekat Jembatan

Image by Anindito Mukherjee- Getty Images

Pada lokasi lokasi konstruksi di New Delhi, India, terligat sekumpulan pelajar yang duduk beralaskan tikar untuk mengikuti pembelajaran online. Para pelajar tersebut saling duduk dan berkumpul karena tidak memiliki laptop, sehingga sekolah mengkondisikan sebuah pengaturan kelas sembari menghimbau mereka untuk tetap menggunakan masker.

Menerapkan Social Distancing Saat Pembelajaran

Image by Kent Nishimura – Los Angeles Times – Getty Images

Sebagian sekolah di dunia mulai membuka sekolah kembali ketika musim gugur datang. Sekolah Dasar Weaverville di Weaverville, California. terlihat mempraktikkan jarak sosial saat makan siang di lapangan basket. Walau sudah masuk jam istirahat pun, para murid tetap melakukan jaga jarak dan menikmati makanan mereka sendiri-sendiri.

 

Pemeriksaan Tugas Menggunakan Sarung Tangan
Image by Ariana Cubillos – AP Photo

 

Tidak hanya anak-anak, para pendidik pun juga mengubah pola pengajaran mereka beserta dengan pemeriksaan tugas. Karena tidak semua murid mempunyai alat pendukung pembelajaran seperti laptop ataupun internet, guru pun mengatur mereka agar tetap datang dan mendapatkan pembelajaran seperti biasa. Terlihat di dalam foto seorang guru yang mengenakan sarung tangan bedah di tengah pandemi virus Corona sedang mengoreksi pekerjaan rumah dari siswa yang tidak memiliki internet di rumah.

Menggunakan Bahasa Isyarat

Image by FRED SCHEIBER – AFP – Getty Images

Banyak para pendidik, khususnya pengajar disabilitas menghadapi kesulitan ketika memberikan pengajaran. Salah satu guru bahasa isyarat Prancis bernama Vanessa Andrieu memberikan pelajaran kepada siswa tunarungu di kelasnya dengan mengenakan masker khusus yang memperlihatkan area bibir. Dengan masker yang transparan ini, siswa tunarungu dapat melihatnya gerak bibir tanpa harus khawatir akan adanya resiko penularan yang tinggi.

Share :