February 16, 2021

5 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh

Selain menjadi salah satu penambah cita rasa makanan, Kunyit juga dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kunyit memiliki kandungan yang disebut dengan kurkumin — senyawa antioksidan dan anti radang yang dianggap baik untuk kesehatan. Membawa manfaat yang bagus baik untuk kesehatan badan ataupun kecantikan wajah, berikut adalah 5 alasan untuk menambahkan rempah-rempah ini ke dalam diet rutin kalian. 

By Hesikios Kevin

 

Kunyit Dapat Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Penelitian di European Review for Medical and Pharmacological Studies, Frontiers in Farmacology, dan Endocrine, Metabolic & Immune Disorders Drug Target mengaitkan kurkumin dengan penurunan berat badan dan penurunan BMI. Meskipun meningkatkan asupan kunyit saja bukanlah strategi yang bagus untuk menurunkan berat badan, ini dapat membantu Anda mengurangi peradangan yang terkait dengan obesitas dan memberi tubuh sedikit peningkatan dalam pembakaran lemak.

 

Kunyit Dapat Membantu Meningkatkan Mood

Sebuah meta-analisis dari 10 studi tentang kurkumin dan depresi yang diterbitkan pada 2019 di Critical Reviews in Food Science and Nutrition menunjukkan bahwa hal itu dapat memperbaiki gejala kecemasan dan depresi.  Sebagian besar penelitian yang tersedia menunjukkan kurkumin dapat membantu mengurangi gejala depresi pada mereka yang sudah menggunakan antidepresan.

 

Kunyit Dipercaya Dapat Mencegah Alzheimer

Kunyit digunakan dalam Ayurveda, sistem penyembuhan holistik yang berasal dari India ribuan tahun yang lalu dan masih populer hingga saat ini. Satu teori menyatakan bahwa kurkumin dapat membantu menghambat plak yang menurut penelitian terkait dengan kerusakan neuron di otak. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi satu gram kunyit setiap hari dapat membantu daya ingat atau fungsi kognitif, terutama pada individu yang menderita prediabetes.

 

Kunyit Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

WHO mengatakan bahwa penyakit kardiovaskular adalah pembunuh utama di seluruh dunia. Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap stroke dan penyakit jantung, salah satu masalah yang paling menonjol adalah peradangan.Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Biotechnology Advances menunjukkan bahwa kurkumin bisa baik untuk mencegah atau mengobati penyakit kardiovaskular. Studi lain menunjukkan bahwa tindakan anti-inflamasi kunyit dapat membantu mencegah penyakit arter

 

Kunyit Dapat Memblokir Molekul Berbahaya

Menurut penelitian mengenai nutrisi tentang kurkumin dan penyakit hati, Kurkumin dapat menjinakkan molekul oksigen tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas — mereka kehilangan elektron, yang menyebabkannya merusak molekul lain dalam upaya mengganti elektronnya. Seiring waktu, kerusakan tersebut dapat mendorong kerusakan arteri, pertumbuhan tumor, dan merupakan penyebab utama penuaan. Antioksidan — seperti kurkumin — melindungi kita dari radikal bebas dengan menawarkan elektron dan menetralkan molekul berbahaya (tanpa menjadi radikal bebas itu sendiri).

 

Share :