December 30, 2020

5 Ikan Hias yang Paling Banyak Diburu Tahun Ini

Selain bercocok tanam, salah satu hobi masyarakat yang saat ini sedang berkembang pesat adalah memelihara ikan hias. Banyak orang beralih untuk membuat dan memelihara aquascape dengan berbagai fauna di dalamnya karena membantu meningkatkan kesehatan mental, salah satunya adalah mengurangi stres. Selain bisa menjadi sebuah dekorasi rumah yang sangat cantik, berbagai ikan berwarna-warni seakan menjadi sebuah obat untuk mata yang lelah.   Untuk orang-orang yang saat ini sedang mencari jenis ikan hias yang tepat untuk di aquariumnya, berikut adalah 5 ikan hias yang paling banyak diburu di tahun ini.

By Hesikios Kevin 

 

Neon Tetra

Image by Mirko_Rosenau

Ketika puluhan ikan ini berkumpul, ikan-ikan ini akan memancarkan warna biru yang cantik di dalam sebuah akuarium. Neon Tetra adalah ikan kecil yang mudah dirawat untuk orang yang baru memulai hobi ini. Spesies ini tidak bisa tumbuh terlalu besar, karena panjangnya hanya mencapai 2,2 cm saja. Selain dikenal sebagai spesies yang sangat damai dan tenang, mereka juga dapat digabungkan ke dalam kelompok ikan yang berbeda. Ikan ini dapat dengan mudah dikenali karena tubuhnya yang biru dan garis merah cerah di tubuhnya

Guppies

Image by subinpumsom

Ikan guppy menjadi sebuah spesies ikan lain yang dapat menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk pemula. Mereka sangat mudah dirawat, namun cenderung cepat berkembang biak satu sama lain jika jenis kelamin tidak dipisahkan. D Ikan guppy juga dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi air, dan memiliki kepribadian yang lincah, yang membuat mereka begitu populer. Penting untuk menjaga suhu air tetap konsisten (sekitar 50 ° F – 84 ° F (10-29 ° C)) sehingga mereka dapat hidup bahagia di dalam tangki. Selain datang dalam berbagai warna, spesies jantan diketahui lebih flamboyan daripada betina.

 

Mollies

Image by ivabalk from Pixabay

Memiliki bentuk badan dengan perut yang besar dan mulut yang agak moncong, Molly adalah spesies air tawar bagus yang mudah dirawat. Dapat tumbuh sekitar 3 sampai 4 inci panjangnya, mereka termasuk dalam ikan yang memiliki sifat omnivora, yang berarti mereka dapat memakan tumbuhan dan hewan lainnya. Yang menarik dari makhluk air tawar ini adalah mereka melahirkan bayi mereka, tidak seperti ikan lainnya. Seperti Guppies, Molly juga sangat suka berkembang biak. Apabila tidak ingin ikan cantik ini mendominasi akuarium Anda, pertahankan satu jenis kelamin saja atau kurangi jumlah betinanya.

Cupang

Image by StockSnap from Pixabay

Ikan cupang yang juga dikenal sebagai ikan petarung adalah salah satu pilihan ikan air tawar populer yang bisa dijual dengan harga yang sangat mahal. Mereka cenderung datang dalam beragam warna yang indah dan santai apabila ia hanya sendirian atau dikelilingi dengan sedikit ikan. Dikenal karena sifatnya yang sangat teritorial dan agresif dengan ikan lain, hindari menempatkan sesama jantan dalam satu wadah atau dengan ikan yang tampak serupa, seperti Guppies. Untuk menambah keelokan aquarium, ikan ini sangat cocok ditempatkan bersama dengan aquascape yang berkonsep minimalis atau rimbun. 

 

Rainbow Fish

Image by Dmytro Synelnychenko

Kepopuleran ikan ini menjadi naik karena warna cerahnya yang tidak biasa dan penanganannya yang mudah dirawat. Warna cerah mereka tetap sangat vibrant sampai mereka menjadi dewasa. Ikan ini bisa sangat pemalu tetapi biasanya damai dengan ikan lain di dalam akuarium mereka. Rainbowfish dikenal sangat rukun dengan jenis ikan barb dan tetra.

 

Share :