January 18, 2021

5 Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dari Sauna

Tidak hanya memberikan pengaruh baik kepada kulit, sauna juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara online oleh JAMA Internal Medicine, orang yang duduk di sauna setidaknya sekali seminggu menurunkan risiko kematian karena sebab apa pun sebesar 22 persen, sementara mereka yang mengeluarkan keringat setidaknya empat kali seminggu menurunkan risiko dua sampai tiga kali lipat. Inilah alasan mengapa sauna harus dimasukan ke dalam aktivitas harian kalian. 

by Hesikios Kevin
All Image by Unsplash

 

Memberikan Suasana Hati yang Lebih Cerah

Sauna dipercaya untuk membantu memperbaiki gejala kesedihan, keputusasaan, kelelahan, dan depresi. Orang yang mengalami depresi ringan hingga sedang mengalami kemajuan pesat untuk memperbaiki mood mereka secara signifikan setelah duduk di sauna selama 15 menit sehari dalam 5 hari seminggu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine.

 

Membuat Jantung Lebih Kuat

Memberikan suhu panas kurang lebih 158 dan 194 derajat Fahrenheit, sauna meningkatkan kesehatan jantung karena dapat membantu memperkuat jantung, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke serta penyakit jantung menurut studi yang dilakukan oleh JAMA. Para peneliti juga menambahkan bahwa mandi sauna  memberikan perasaan yang nyaman dan sejahtera yang membantu merelaksasi tubuh dan jantung seseorang. 

 

Meningkatkan Memori

Duduk di sauna mungkin terasa seperti cara yang baik untuk menenangkan diri, namun sauna juga memberikan peningkatan pada memori seseorang. Orang yang melakukan sesi sauna setidaknya empat kali seminggu mengurangi kemungkinan terkena demensia sebanyak dua pertiga lebih kecil dibanding orang yang tidak rutin sauna, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Age and Aging. Para ilmuwan berspekulasi bahwa peningkatan memori mungkin terkait dengan peningkatan yang didokumentasikan dalam kesehatan jantung dari sauna secara teratur, yang berarti bahwa jantung yang lebih kuat mengarah ke pikiran yang lebih tajam. 

 

Menyeimbangkan Nafsu Makan

Apabila seseorang mengalami nafsu makan yang tidak seimbang seperti terlalu sedikit makan ataupun berlebihan saat makan, sauna dapat membantu mengatur nafsu makan seseorang menurut penelitian yang di Psychosomatic Medicine. Ketika para ilmuwan sedang meneliti efek sauna terhadap seseorang yang mengalami depresi, mereka menemukan sebuah bukti lain dimana tingkat hormon yang terkait dengan nafsu makan yang sehat mencapai kisaran normal selama terapi sauna.

 

Mengatasi Nyeri Kronis

Mengompres bagian tubuh yang panas telah terbukti meredakan nyeri akibat penggunaan otot yang berlebihan dan cedera. Melalui fakta ini, para ilmuwan kemudian meneruskan penelitian tersebut secara mendalam. Para ilmuwan membuat 2 kelompok dimana grup tersebut diajari latihan mental untuk mengurangi rasa sakit, namun satu kelompok diminta untuk rutin duduk di dalam sauna setiap harinya. Hasilnya, kelompok yang memasukan sauna ke dalam rutinitas mereka mengalami rasa lega dari rasa nyeri kronis lebih baik dibanding kelompok yang tidak sauna setiap hari menurut hasil yang diterbitkan dalam Psikoterapi dan Psikosomatis.

 

Share :