5 Penemuan Terbaik Sepanjang 2021

5 Penemuan Terbaik Sepanjang 2021

11 December, 2021

Setiap tahunnya, berbagai perusahaan teknologi, gaya hidup, desain hingga consumer goods berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang modern, inovatif dan memiliki nilai guna lebih. Mulai dari vegan fish meat, hidden breast pump, mind-control computing hingga portable power plant, berikut 5 produk paling inovatif tahun ini.

By Hesikios Kevin

 

Vegan raw tuna

1.jpg

Dalam beberapa tahun belakangan ini, daging nabati menjadi salah satu bahan pokok makanan populer yang sering digunakan untuk menggantikan daging hewani tanpa mengurangi tekstur dan gizi yang terkandung di dalamnya. Tahun ini, startup asal San Francisco, Kuleana telah sukses mengembangkan pengganti ikan tuna yang terbuat dari kandungan iron, minyak alga dan campuran protein yang berbeda. Kedepannya, perusahaan tersebut berharap dapat membuat alternatif daging vegetarian untuk salmon, serta lebih banyak jenis ikan dan kerang.

 

Hidden breast pump

2.jpg

Bagi para ibu menyusui, breast pumping kini dapat dilakukan secara nyaman, di mana pun dan kapanpun. Untuk mempermudah para ibu untuk memompa ASI mereka tanpa perlu meninggalkan pekerjaan, Elvie Stride meluncurkan produk pompa asi yang bisa disembunyikan dalam pakaian dan melakukan proses pemompaan yang nyaman dan efisien kemanapun mereka pergi. Tidak hanya itu saja, sang ibu juga dapat mengakses aplikasi Pump with Elvie untuk melacak sesi pemompaan, mengatur interval pemompaan favorit mereka, atau mengontrol alat tersebut dari jarak jauh.

 

Mind-controlled computing

3.jpg

Mengontrol perangkat pintar dari jauh menggunakan aplikasi mungkin sudah biasa. Namun, Synchron’s Stentrode memungkinkan para penggunanya untuk mengontrol berbagai perangkat cukup dengan pikiran. Ditujukan untuk para pasien yang menderita kelumpuhan, sistem Stentrode mendigitalkan sinyal yang dihasilkan oleh bagian otak yang mengontrol gerakan, yang kemudian diterjemahkannya ke dalam perintah yang dapat dijalankan oleh komputer. Walaupun masih dalam tahap uji coba, perangkat tersebut telah berhasil membantu dua orang dengan ALS. Tidak hanya itu, Food and Drug Administration telah memberikan persetujuan kepada mereka untuk melakukan penelitian yang lebih besar di AS.

 

Blue Jeans Go Green

4.jpg

Denim asli merupakan salah satu bahan pakaian yang sebagian besar terbuat dari kapas, serat yang berkelanjutan. Untuk mengurangi limbah pakaian, khususnya yang berbahan denim, organisasi Blue Jeans Go Green mendaur ulang bagian serat kapas untuk ditransformasikan menjadi sebuah barang baru. Mulai dari bahan insulasi untuk sisipan tempat tidur hewan peliharaan sampai dengan insulasi termal yang digunakan dalam kemasan makanan dan farmasi yang berkelanjutan.

 

Portable power plant

5.jpg

EcoFlow, sebuah perusahaan perangkat keras AS-Cina yang menjual pembangkit listrik portabel, meluncurkan generator bertenaga baterai dengan standar yang sangat modern. Generator yang kompatibel dengan berbagai perangkat tersebut dapat memberikan suplai listrik hingga puluhan jam dengan ukuran yang minimalis. Diperkuat dengan EcoFlow X-Stream Technology, perangkat tersebut dapat mengisi ulang daya 10 kali lebih cepat dari kebanyakan generator di pasar. Dibekali dengan teknologi pengisian berbasis panel surya maupun melalui port mobil, generator tersebut dapat mengisi daya hingga 13 perangkat secara bersamaan.