January 21, 2021

5 Pulau Eksotis di Indonesia yang Wajib Masuk Dalam Daftar Liburanmu

Sebagai negara yang terkenal memiliki banyak pulau dan pantai, tentunya Indonesia memiliki banyak destinasi tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi, berikut ini 5 pulau eksotis yang wajib masuk dalam daftar liburanmu.

by Mobiliari Team

 

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya akan pulau dan pantai dengan keindahan yang tak tertandingi. Setiap pulau dan pesisir memiliki pesona lanskap darat dan laut yang indah. Sudah diketahui bahwa keindahan pantai dan pulau di Indonesia pun dapat diakui bisa disamakan dengan destinasi-destinasi terkenal di dunia.

Hal lain yang harus diingat adalah Indonesia terletak tepat di sepanjang garis khatulistiwa, yang menjadikan Indonesia sebagai surga tropis yang sangat sempurna untuk penggemar berjemur di pantai, penyelam, dan peselancar. Walaupun banyak keindahan tertanam di pulau-pulau besar, kumpulan pulau-pulau kecil pun juga tidak ingin kalah dengan menyimpan harta tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan.

 

Banda Neira

 

Terletak di provinsi Maluku, kepualauan Banda Neira disebut-sebut sebagai surga dunia yang kaya akan keindahan alamnya. Perairan berwarna safir berkilauan serta perbukitan hijau membentang, Pulau Banda merupakan rumah bagi tertumbu karang serta kehidupan laut yang melimpah. Tak heran jika pulau ini merupakan salah satu destinasi favorit para pecinta diving dan snorkeling.

Kaya akan sejarah, pulau yang disebut sebagai Spiced Island ini juga diklaim sebagai salah satu destinasi paling fotogenik di dunia. Untuk mencapai ke pulau ini, pengunjung bisa mengambil rute tercepat dari Bandara Pattimura untuk mencapai kota pusat administrasi Kabupaten Maluku Tengah yang berjarak sekitar 36 km dari kota Ambon. Penerbangan selama hampir 50 menit akan disambut oleh keindahan pemandangan Gunung Api yang berdiri kokoh. Lalu barisan bangunan bersejarah yang menghiasi sepanjang kota.

 

Triton Bay

 

Teluk ini dikenal dengan kekayaan laut yang sangat melimpah, kamu dapat menemukan spesies-spesies laut yang menarik seperti kuda laut kerdil, hiu paus, ikan marlin, lumba-lumba, hingga beragam spesies endemik lainnya. Kemudian, ada lebih dari 30 titik selam di sekitar Triton Bay yang terletak di antara Laut Aiduma dan Selat Iris, atau area sekitar seperti Pulau Aras yang terkenal karena kawanan ikan snapperdamsel, dan hunting jack’s, Flasher Beach yang dipenuhi dengan ikan-ikan karang yang berwarna-warni, dan masih banyak area lainnya. Penyelaman malan dan siang hari adalah hal yang biasa, kegiatan menyelam di malam hari akan memberikan sensasi tersendiri dengan pemandangan bawah laut yang indah.

 

Kei Island

 

Pulau yang berada di tenggara Kepulauan Maluku, pulau Kei ini terbagi menjadi dua: Kei Besar dan Kei Kecil. Kedua pulau ini adalah hidden gem yang dimiliki oleh Indonesia, karena Kei hampir tidak memiliki infrastuktur pariwisata. Pulau ini tidak memiliki hotel berbintang, ataupun resor, kemudian hanya sedikit turis asing yang datang. Keindahan natural destinasi ini menyuguhkan pemandangan pantai yang memanjakan mata dengan air jernih naturalnya.

Pulau Kei Kecil menjadi pulau yang berkembang dibandingkan dengan Kei Besar karena pulau Kei Besar memiliki topografi yang berbukit-bukit. Langgur dan Tual menjadi kota utama di pulau ini.

 

Pulau Alor 

 

Kepulauan satu ini memiliki banyak keindahan di dalamnya, mulai dari keajaiban bawah laut yang spektakuler hingga budaya yang unik. Alor terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, kepulauan Alor ini terbentuk dari 20 pulau dan saat ini telah sukses menjadi destinasi diving untuk kelas dunia. Setidaknya, saat ini ada 50 titik selam yang membentang dari pulau Alor ke pulau Pantar.

Selain itu Alor juga memiliki sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Mataru. Sebuah kolam yang terletak di tengah hutan dengan air yang berwarna toska dan jernih ini dikenal sebagai Kolam Bidadari.

 

Pulau Natuna / The Forgotten Island

 

Masih di perairan Maluku, Pulau Natuna atau Forgotten Island merupakan perbatasan terakhir untuk menyelam di Indonesia. Terbentang sepanjang 1.000 km dari Timor hingga Papua di zona transisi evolusi antara Australia dan Asia, pulau ini merupakan rumah bagi spesies flora dan fauna endemik yang indah. Berbagai pulau di sini juga dibentuk oleh aktivasi gunung berapi yang menghasilkan erosi tanah sehingga mewujudkan pemandangan laut luar biasa indah. Saat berkunjung, jangan lewatkan kesempatan untuk berenang bersama ikan barakuda terbesar, manta ray, kerapu raksasa, hiu martil dan scorpionfish di pulau Wetar dan Manawoka. Berlibur ke pulau ini akan memberimu petualangan menyelam yang tak terlupakan.

Share :