September 01, 2021

5 Restaurant Ini Mempekerjakan Robot Sebagai Pelayan Sekaligus Juru Masak

Seiring dengan perkembangan teknologi modern dan canggih, manusia terus membuat penelitian dan penemuan dengan tujuan untuk menghemat tenaga dan memudahkan manusia dalam beraktivitas atau melakukan pekerjaan.

Salah satu teknologi buatan manusia yang saat ini sering ditemukan adalah robot menyerupai manusia yang dapat melakukan berbagai pekerjaan. Tidak hanya digunakan dalam rumah, bisnis perhotelan dan perkantoran, kini robot juga dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Saat ini ada berbagai restoran di dunia yang menggunakan robot sebagai pelayan mereka seperti 5 restoran di bawah ini:

 

Hema Robotic Restaurant, Shanghai

Image by thepeakmagazine

 

Perusahaan ritel raksasa asal Cina, Alibaba, mengembangkan usaha ritel kuliner dengan menggabungkan robot dan kecerdesan buatan atau AI dalam kegiatan bisnisnya. Robot yang berbentuk seperti Microwave yang dinamakan He ini menggantikan para pelayan untuk menerima pesanan dan mengantarkan makanan kepada para tamu. Ketika berkunjung ke restoran ini, calon pembeli cukup memesan makanan melalui aplikasi Hema dengan menggunakan kode QR.

 

Spyce, Boston-Amerika 

Spyce-Restaurant-Boston-Store-6-720x720.jpg

Foto dok: www.spyce.com

 

Restoran yang berlokasi di Boston, Amerika Serikat ini merpakan restoran otomatis pertama di dunia yang menggunaka robot untuk memasak pesanan pengunjung. Didirikan oleh beberapa mahasiswa lulusan kampus teknik terbaik di dunia, Institut Teknologi Massachusetts atau MIT, restoran ini menggunakan kitchen robotic, atau dapur yang dioperasikan oleh teknologi robot secara otomatis. Harga yang ditawarkan oleh Spyce mulai dari 7.50 dolar AS atau Rp 116.000 per menu.
Creator Restaurant, San Fransisco

Creator.jpg

Foto dok: www.creator.rest

Restoran berdesain minimalis yang berlokasi di San Fransisco ini menggunakan robot berteknologi tinggi untuk memasak burger hanya dalam waktu 5 menit saja. Robot yang memiliki tinggi 1,2 meter ini juga memiliki berbagai fitur seperti pemanggang roti, penggiling daging, pengiris keju, tabung saus serta tabung berisi toppings untuk satu porsi burger yang siap untuk disajikan.

 

Rong Heng Seafood Restaurant, Singapura

heng sg.jpg

Foto dok: straitstimes.com

 

Terinsipirasi dari berbagai restoran di Cina, pemilik Rong Heng Seafood Restaurant, Zhang Zhinong, menggunakan robot sebagai pelayan untuk memberikan pelayanan yang praktis dan efisien. Robot yang diberi nama Lucy dan Mary ini akan mengantarkan pesanan makanan ke meja para tamu dan mengembalikan piring kotor ke dapur. Kecepatannya pun tidak perlu diragukan karena robot pelayan ini memiliki kecepatan berjalan yang sama seperti manusia.

 

Hajime Robot Restaurant, Thailand 

samurai.jpg

Foto dok: bangkokadventures.com

 

Restoran yang berlokasi di Monopoly Park Plaza di Bangkok, Thailand ini menyajikan makanan khas jepang dengan tema all you can eat yang mempekerjakan robot samurai sebagai pramusaji dan juru masak yang menyajikan makanan kepada pelanggan. Untuk memesan makanan, para pengunjung cukup menggunakan tablet yang terletak di meja mereka. Selain itu, robot di restoran ini juga memiliki kemampuan untuk menghibur seperti menari dan mengeluarkan lagu.

Share :