January 02, 2021

5 Sarapan Untuk Membangkitkan Semangat di Tahun 2021

Menyambut awal tahun 2021, tentunya harus dibuka dengan semangat yang membara dan aktivitas yang menyenangkan. Pilihan sarapan menjadi salah satu faktor penting untuk memulai hari dengan mood yang nyaman. Berikut adalah 5 pilihan sarapan untuk memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari.

by Hesikios Kevin

 

Oats

Image by 旭刚 史 from Pixabay

Tahun 2020 adalah tahun dimana imunitas tubuh menjadi salah satu faktor penting dalam melawan virus dan bakteri. Oat menjadi salah satu pilihan makanan terbaik yang bisa dimakan karena memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk memulai aktivitas di pagi hari. Biji-bijian yang terkandung di dalam oats 100% mengandung serat, protein nabati, vitamin B, dan mineral, termasuk zat besi, kalsium, dan magnesium. Sarapan ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung berkat jenis serat yang disebut beta-glukan yang telah terbukti membantu menyeimbangkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam makanan ini juga menjadi bahan bakar yang baik untuk probiotik tubuh serta membantu bakteri ramah untuk bertahan hidup dan berkembang.

Waffle Gandum

Image by Jill Wellington from Pixabay

Wafel yang hangat bisa menjadi pengganti roti panggang yang bisa disajikan dengan mudah dan lezat. Untuk mendapatkan sepiring waffle yang sehat, campurkan waffle  dengan telur atau atasnya dengan 2 sendok makan selai kacang, kayu manis, dan keping cokelat sebagai camilan. Untuk kamu yang menyukai rasa manis, bisa menambahkan selai buah-buahan yang bebas gula.

 

Yoghurt dengan Potongan Buah

Image by 이동원 lee from Pixabay

Yoghurt tanpa pemanis menjadi pilihan sebagian pecinta makanan sehat karena memberikan manfaat probiotik untuk melancarkan pencernaan. Pilihlah yang memiliki lima strain atau lebih kultur bakteri per porsi 6 ons. Ini juga merupakan pilihan tepat jika Anda ingin sarapan rendah gula tetapi tetap menyukai rasa manis di pagi hari bisa menambahkan berbagai varian buah seperti pisang atau berry. Tidak hanya itu, Yoghurt juga penuh dengan kalsium dan banyak versi yang diperkaya dengan vitamin D.

 

Semangkuk Buah Berri

Image by Дарья Яковлева from Pixabay

Semangkuk blueberry memiliki nutrisi hingga 9 gram serat dan memenuhi 50% kebutuhan vitamin C dalam tubuh hanya dengan 60 kalori saja. Antioksidan yang ditemukan dalam buah beri (termasuk raspberry, blackberry, dan stroberi) juga mampu melindungi sel. Makan lebih banyak makanan ini dapat membantu melindungi pembuluh darah dari plak berbahaya dan memiliki efek untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jika tidak terlalu menyukai varian beri, buah seperti jeruk, apel dan melon adalah alternatif yang bagus. Buah-buahan tersebut mengandung kalium untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah dan mengurangi kembung.

 

Sweet Potatoes

Image by Bernadette Wurzinger from Pixabay

Ketika banyak orang mengganti nasi mereka dengan gandum ataupun jagung, ubi jalar menjadi alternatif yang baik apabila bosan dengan kedua makanan tersebut. Satu ubi jalar yang berukuran sedang menyediakan hampir 400% vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagian dalamnya yang berwarna oranye dan keunguan kaya akan beta-karoten yang penting untuk meningkatkan kekebalan imun. Satu ubi juga mengandung 15% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan lambung dan saluran pencernaan. Cobalah untuk memasukan ubi jalar sebagai pengganti roti pagi, bagel, atau muffin untuk sarapan harian di 2021.

Share :