December 23, 2020

5 Dessert yang Cocok Disajikan Saat Natal

Natal menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan pada bulan ini. Coklat, biskuit kering, dan sejumlah cake Natal yang ikonik menjadi salah satu buruan banyak keluarga untuk menghiasi meja makan mereka pada saat Natal tiba nanti. Bagi para keluarga yang ingin mempercantik Natal dengan berbagai dessert yang cantik, berikut adalah 5 pilihan hidangan penutup yang akan membuat momen Natal semakin indah. 

 

by Hesikios Kevin

 

Bûche de Noël

Image by NoirChocolate

 

Bûche de Noël adalah makanan penutup khas Natal yang klasik yang lebih dikenal dengan sebutan kue log yule.Berbentuk seperti sebuah potongan kayu yang didekorasi dengan berbagai hiasan Natal, roll cake ini merupakan sebuah dessert yang populer di berbagai belahan dunia, terutama Belgia, Perancis, Switzerland, Kanada, Lebanon dan bahkan Syria. Isi dalamnya dapat berupa krim, selai buah, ataupun diisi dengan rasa yang  diinginkan. Dengan potongannya yang unik, kue ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan segelas anggur merah. 

 

Sticky toffee pudding

Image by Lena_Zajchikova

 

Menjadi salah satu hidangan penutup khas British, Sticky Toffee Pudding adalah sebuah kreasi puding yang dibuat dari kue kurma dan dikombinasikan dengan saus karamel, dan dicampur dengan minuman alkohol seperti rum, brandy, atau whisky. Untuk menambahkan rasa yang nikmat, puding ini bisa disajikan bersama dengan  smoked vanilla anglaise.

 

English sherry trifle

Image by Carlos Barquero Perez



Sherry trifle menjadi salah satu dessert di British yang tidak boleh tertinggal saat Natal tiba. Lapisan bawahnya berisi dengan biskuit lady finger dan direndam dengan teh hijau, jus lemon atau jeruk nipis, dan beberapa sherry. Untuk mempercantik dan menambah cita rasa dari hidangan penutup ini, pada lapisan berikutnya diisi dengan buah raspberry atau strawberry yang kemudian diisi dengan puding. Lapisan terakhir dari trifle secara tradisional adalah krim kental dan kental, namun bisa ditambahkan syllabub sebagai alternatif.

 

Chocolate Marquise 

Image by cbording


Bagi penggemar coklat, Chocolate Marquise cake menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati kudapan di tengah kemeriahan Natal. Chocolate marquise adalah kue coklat tanpa tepung yang sangat lembut karena campurannya coklat, telur, dan mentega. Saat tiba waktunya untuk menyajikan, direkomendasikan untuk memasangkan kue cokelat yang lezat itu dengan anglaise rasa kopi Vietnam.

 

Sugar Cookies

Image by 5598375 from Pixabay


Salah satu mengapa sugar cookies menjadi pilihan banyak orang adalah karena kemudahannya ketika dimasak. Cukup mencampurkan mentega, gula, tepung, dan biasanya ada sedikit sentuhan cuka untuk membuat teksturnya lebih berbentuk. Untuk menambahkan kesan classic dan classy, pembuat kue tidak perlu mencampurkan berbagai warna agar hasilnya putih dan sesuai dengan tema Natal

 

Share :