October 27, 2021

7 Tips Dekorasi Kamar Tidur untuk Membantu Mengurangi Kecemasan

Mengalami kecemasan berlebih serta berbagai tekanan mental lainnya dapat mengurangi produktivitas seseorang dalam bekerja. Karena itulah, ruang kamar yang terorganisir dengan baik menjadi sebuah ruangan yang vital untuk beristirahat dan memulihkan diri, Dengan dekorasi yang tepat dan aksen yang mewah, berikut adalah beberapa tips untuk dapat menciptakan dekorasi kamar tidur yang tenang untuk memulihkan kesehatan mental. 

by Mobiliari Team

 

Pilih warna yang netral

Warna berperan penting untuk membangkitkan emosi sang penghuni. Pilih palet alami dan seragam dengan warna netral untuk memberikan kesan kamar yang nyaman. Salah satu contohnya adalah warna putih dipercaya dapat menciptakan nuansa tenang dan minimalis untuk kamar. 

 

Jika Anda mencari warna netral yang berbeda, cobalah warna abu-abu. Warna ini memberikan rasa damai yang membuatnya sangat menarik untuk dijadikan warna utama untuk cat kamar tidur. Warna-warna yang menenangkan seperti nuansa biru dan hijau juga telah terbukti mengurangi tekanan darah dan secara signifikan mengurangi stres.

 

Tambahkan esensi alam

Penambahan elemen dari alam sangat penting untuk memberikan suasana tenang, termasuk ruangan berkonsep minimalis. Ruang terbuka yang dipenuhi tanaman hijau nan subur seringkali disebut sebagai salah satu elemen penghilang stres terbaik di dunia. Untuk mendapatkan manfaat dari alam beserta kehidupannya, hadirkan bagian dalam dan luar ruangan dengan tanaman hias dan sukulen yang dapat meningkatkan kualitas udara sekaligus membuat ruangan terasa lebih santai. Furnitur kayu pun juga dapat meningkatkan kenyamanan dalam kamar. 

 

Tambahkan sentuhan sensori

Karena strukturnya yang besar, tempat tidur cenderung menjadi titik fokus visual di kamar tidur. Headboard sangat ideal untuk orang yang suka duduk di tempat tidur, terlebih permukaan yang lembut memungkinkan seseorang untuk bersandar dengan nyaman saat membaca atau bersantai.

 

Perabotan dan kain lembut juga dapat menciptakan tempat peristirahatan yang nyaman. Sprei katun bambu ataupun sprei sutra yang mewah akan memberikan visualisasi peristirahatan yang mewah, sekaligus membuat badan tetap sejuk. Tingkatkan visualisasi sensorik dengan menambahkan sekumpulan bantal untuk memberikan kenyamanan ekstra. Penambahan permadani pun juga turut menciptakan pengalaman sensorik yang menyenangkan ketika memasuki tempat tidur. 

 

Buat suasana yang sunyi

Nikmati suasana yang damai dan tentram seperti Bali dengan tidak memberikan elemen elektronik besar seperti TV untuk menciptakan kesan yang sunyi dan sakral. Pancaran gelombang elektronik, terutama perangkat yang besar, dapat mengganggu kenyamanan tidur. Jangan lupa untuk membebaskan diri dari perangkat elektronik kecil seperti ponsel ataupun smartwatch agar badan bisa rileks dan mampu memulihkan diri dengan baik.

 

Buat Fokus Visual

Fokus visual tentunya berhubungan erat dengan poin sebelumnya, Alih-alih menggantung televisi yang memancarkan gelombang yang kurang menyehatkan untuk memulihkan tenaga dan pikiran, lebih baik menggantung dengan karya seni di dalam kamar. Baik itu foto berbingkai ataupun karya seni buatan seniman favorit, sentuhan visual akan membantu menenangkan pikiran ke level stress yang rendah dan memperkuat suasana hati secara keseluruhan. Taruhlah karya seni tersebut ke bagian yang paling sering terlihat oleh pandangan mata. 

 

Buang barang yang sudah tidak terpakai

Teknik decluttering, atau membuang barang-barang yang tidak diperlukan, merupakan salah satu langkah penting untuk mengubah kamar tidur menjadi ruang yang lebih tenang. Maksimalkan bagian bagian di dalam kamar tidur sebagai tempat penyimpanan, seperti rak dan lemari tersembunyi, sebagai salah satu cara inovatif untuk menyimpan berbagai benda yang masih berfungsi dengan baik di dalam kamar.

 

Memaksimalkan fungsi jendela

Pencahayaan memainkan peran yang kuat dalam mengatur suasana ruangan sebuah hunian. Bola lampu LED yang berubah warna dapat membantu memberikan fungsi serbaguna untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan seseorang. Cahaya putih yang sejuk dapat meningkatkan kewaspadaan, sedangkan pencahayaan lembut dengan warna yang lebih hangat dapat menciptakan suasana yang rileks dan santai.

 

Pencahayaan alami juga merupakan kunci untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat agitasi. Ganti tirai tebal dan gelap dengan tirai tipis yang tidak akan memerangkap panas dari luar. Tidak hanya itu, tirai tipis tersebut tidak hanya berfungsi untuk memenuhi ruangan dengan cahaya alami, namun juga dapat memberikan sedikit privasi tanpa mengorbankan pemandangan luar.

Share :