April 07, 2021

Menilik Perkembangan Bisnis Tanaman Melalui Kacamata Asoka Remadja

Image by Asoka Remadja

 

Tidak pernah terlintas dalam benak influencer dan public figure Asoka Remadja, ketika kesehariannya dalam membagikan berbagai hal seputar tanaman yang ia rawat melalui Instagram story-nya mengantarkannya masuk ke dalam bisnis perawatan tanaman. Influencer dan pendiri No Brand Plant ini kemudian mengubah hobi berkebunnya menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan ketika pandemi, bahkan semakin sukses ketika ia bersama partnernya, Hans, meluncurkan serum tanaman yang menjadi viral. “Setiap kali saya memposting tanaman saya di Instagram, followers saya selalu bertanya mengenai harga tanaman tersebut. Di sinilah kemudian saya merasa bahwa hobi saya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan ke depannya, ” ujarnya. “Selain menjual berbagai jenis tanaman indoor dan outdoor, saya juga membantu para pecinta tanaman untuk merawat tamannya dengan produk perawatan saya. No Brand Plant Serum adalah salah satu produk terlaris kami yang menjadi viral, karena mengandung formula pertumbuhan kami dengan instruksi mudah yang tidak dapat ditemukan di pupuk biasa. ”

Remadja juga mengaku bahwa dikelilingi berbagai tanaman yang ia rawat dapat membantunya untuk lebih merasa tenang dan bahagia. “Merawat tanaman  menjadi salah satu kegiatan yang dapat membantu saya mengatasi stres selama pandemi,” katanya sambil menunjukkan beberapa tanaman favoritnya. “Ini sangat menakjubkan untuk meningkatkan suasana hati dan tingkat kebahagiaan saya. Berkebun juga membantu saya untuk melatih otot saya melalui beberapa aktivitas seperti menyiram ataupun potting ”.  Terlebih lagi menurutnya, bisnis tanaman tergolong bisnis yang berisiko rendah dibandingkan model bisnis lainnya. “Bisnis pengembangan tanaman merupakan salah satu bisnis yang berisiko rendah dan memiliki potensi keuntungan yang tinggi,” jelasnya. “Karena tanaman dapat dibudidayakan dengan berbagai teknik, kami tidak perlu membeli tanaman baru untuk memenuhi setiap permintaan pasar. Setelah dua sampai tiga minggu, tanaman sudah cukup kuat untuk hidup dan siap dijual.”

 

Image by Asoka Remadja

 

Tips Merawat dan Berbisnis Tanaman ala Asoka Remadja

Bagi mereka yang baru mulai menanam, menggunakan tanah yang berkualitas ataupun produk perawatan tanaman seperti No Brand Plant growth medium dapat memastikan tanaman mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk berkembang sempurna.

Jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak dapat merawat tanaman. Bahkan seseorang yang tidak mempunyai pengalaman menanam pun dapat menumbuhkan taman yang indah apabila disertai dengan motivasi untuk belajar dan mengenal tanaman secara intensif.

Jika Anda ingin memulai pembibitan tanaman, pastikan Anda tidak membeli tanaman secara massal karena harganya yang fluktuatif.

Share :