December 03, 2020

Alasan-Alasan Kenapa Susah Menurunkan Berat Badan

Setelah sekian bulan lamanya kita dipaksa untuk melakukan physical distancing, work from home, dan mengurangi berpergian, banyak di antara kamu yang pasti mengalami kenaikan berat badan. Tenang, kamu tidak sendiri. Kamu mungkin sudah berusaha untuk menurunkan berat badan, tapi tidak mudah rasanya. Usaha yang kamu keluarkan untuk menurunkan berat badan rasanya tidak sebanding dengan penurunan berat badan yang hanya satu atau dua kilogram atau bahkan tidak ada penurunan berat badan sama sekali. Kalau seperti itu kejadiannya, pasti kamu rasanya ingin menyerah saja. Sebenarnya, apa saja sih alasan kenapa usaha menurunkan berat badan tidak berjalan semulus yang kamu harapkan?

by Aditya N.

Image by (Joenomias) Menno de Jong from Pixabay

 

Tidak Mengontrol Porsi Makan

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Kunci dari menurunkan berat badan adalah mengurangi jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh alias defisit kalori. Selama kamu berupaya menurunkan berat badan, jika kamu tidak memperhatikan jumlah kalori makanan yang kamu makan sehari-hari, maka percuma saja. Cara paling mudah adalah dengan mengurangi porsi makan secara keseluruhan, mengurangi asupan karbohidrat, lemak, dan gula tambahan, serta memperbanyak asupan protein dan serat.

 

Berpikir Bahwa Kita Sudah Cukup Aktif

Image by StockSnap from Pixabay

Mengurangi asupan kalori saja tidak cukup, kamu juga harus memperbanyak jumlah kalori yang kamu bakar. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Mungkin kamu sudah mencoba melakukan olahraga, tapi tidak cukup disiplin dalam melakukannya. Jangan enggan untuk rutin melakukan olahraga cardio secara rutin tiap harinya. Akan tetapi, latihan beban juga penting untuk menjaga massa otot selama menurunkan berat badan. Selain itu, gunakan kesempatan untuk bisa aktif kapanpun dan di manapun; misalnya dengan memilih menaiki tangga alih-alih eskalator atau berjalan kaki jika tempat tujuan tidak terlampau jauh.

 

Terlalu Banyak Self-Reward

Image by stokpic from Pixabay

Poin ini masih berhubungan dengan mengontrol asupan kalori. Terkadang, setelah melakukan olahraga, kita memiliki kecenderungan untuk “menghadiahi” diri sendiri dengan makanan atau cemilan yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi dan berpikir bahwa hal tersebut tidak apa karena kita baru saja membakar banyak lemak. Pola pikir seperti ini bisa sangat mengacaukan program diet kamu dalam menurunkan berat badan dan membuat target berat badan ideal kamu makin sulit dicapai.

 

Tidak Tidur Cukup

Image by South_agency

Istirahat yang cukup juga sangat penting dalam menurunkan berat badan. Tubuh kita memerlukan waktu untuk recovery setelah berolahraga dan tidur yang berkualitas sangat diperlukan ketika kamu ingin menurunkan berat badan.

 

Terlalu Stres

Image by Jan Vašek from Pixabay

Perjalanan menurunkan berat badan adalah perjalanan panjang yang memerlukan konsistensi. Jika kamu terlalu merasa stres dalam menjalankannya, bisa jadi malah kamu akan mudah menyerah. 

Share :