April 10, 2021

Andy Yanata: Melihat Peluang Bisnis Saat Pandemi

Image by Andy Yanata

 

Sebagai sosok yang sering menghiasi feed Instagram dan FYP TikTok dengan gaya dan posenya yang eklektik, public figure dan fashionista Andy Yanata pun juga dianugerahi dengan talenta berkebunnya. Kecintaannya pada berkebun dimulai ketika salah satu temannya memberi hadiah berupa tanaman muda, dan memintanya untuk merawatnya sampai tumbuh besar pada awal pandemi tahun lalu. “Di awal masa PSBB, seorang teman saya mengirimkan tanaman pot mini ke setiap teman di lingkaran pertemanan kami dan meminta mereka, termasuk saya, untuk merawatnya,” katanya melalui interview dalam bentuk video call. “Saat itu saya tinggal bersama dengan salah satu teman saya. Karena kami memiliki begitu banyak waktu luang di tengah pandemi, kami mencoba mempelajari lebih dalam tsoal berkebun dan menyadari bahwa passion kami dalam bercocok tanam bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. ”

 

Image by Andy Yanata

 

Bagi Yanata sendiri, berkebun tidak hanya menjadi sebuah aktivitas yang bagus untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, namun juga menginspirasi dia untuk memulai bisnis tanaman online miliknya sendiri bernama “Tanaman Sore”. Dikembangkan dan dipromosikan dalam platform Instagram, toko tersebut memamerkan banyak tanaman hias cantik yang siap untuk diadopsi dengan harga yang menarik. “Banyak orang yang mengirim pesan kepada kami tentang harga tanaman yang kami buru dari beberapa penjual tanaman,” ujarnya. Berburu tanaman hanyalah salah satu bagian favorit kami dalam berkebun, namun kami melihat sebuah peluang bisnis menarik dari meningkatnya permintaan tanaman hias dan saat itulah kami memutuskan untuk membuka bisnis tanaman kami sendiri”.

 

Image by Andy Yanata

 

Tips Merawat Kebun ala Andy Yanata

Tidak disarankan membeli tanaman hanya karena takut ketinggalan trend terbaru. Anda perlu mengetahui jenis tanaman apa yang cocok dengan kepribadian Anda. Jika Anda termasuk orang yang sibuk, disarankan untuk membeli tanaman yang cukup kuat seperti sansevieria.

Jangan panik saat tanaman Anda memberi tanda akan mati. Cobalah untuk menemukan akar masalahnya dan cari beberapa cara untuk menghidupkan kembali tanaman yang layu tersebut.

Pastikan untuk menggunakan pot dengan lubang drainase untuk mencegah penumpukan air dalam tanah yang berlebihan. Terlalu banyak air dapat memengaruhi sistem akar dan membuat tanaman tersebut beresiko menjadi busuk.

Share :