September 30, 2021

Axton Salim Menerjemahkan Cinta dan Pengharapan Melalui Batik Awan Harapan

Kabar membahagiakan kembali datang dari salah satu pengusaha sukses Indonesia, Axton Salim. Direktur Indofood yang juga merupakan generasi ketiga dari Salim Group tersebut mempresentasikan kecintaannya terhadap batik Indonesia, serta kepeduliannya terhadap pendidikan dan kesejahteraan anak melalui kolaborasinya bersama Ibu Rusun binaan JKT Creative serta brand lokal One Fine Sky. 

by Hesikios Kevin
All image by The Leonardi Photography

 

Sebagai bagian dari generasi muda yang memiliki visi untuk menjaga kelestarian budaya bangsa, Axton menyadari bahwa walaupun masyarakat Indonesia merayakan hari batik nasional setiap tahunnya, masih banyak yang belum memahami arti dibalik batik itu sendiri. Hal inilah yang menginspirasinya untuk memilih batik sebagai tema besar kolaborasi tersebut yang bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap warisan budaya Indonesia, yang dimana peninggalan kesenian tersebut telah diakui oleh UNESCO dan mata dunia.  

Dengan prosesnya yang rumit dan tidak singkat, kain batik juga mempresentasikan doa, simbol, harapan, serta budaya dan adat istiadat yang direpresentasikan melalui ragam corak dan warna yang dihasilkan. Sejarah yang tertanam dalam kain batik pun turut merefleksikan nilai-nilai moral seperti budaya kerjasama dan gotong royong yang tidak hanya terlihat dalam kegiatan bermasyarakat, namun juga terhadap pembatik #IbuRusun.

“Kolaborasi ini sebenarnya adalah sebuah pengingat, bahwa kita bisa melalui semua keadaan selama kita selalu saling membantu bergotong-royong seperti halnya para pembatik-pembatik  yang mewarisi kebiasaan ini dari nenek moyang kita, harapan itu ada.” jelas Axton Salim.

 

 

Kolaborasi tersebut kemudian menghasilkan motif Batik Awan Harapan, dimana corak tersebut merupakan sebuah penerjemahan dari harapan dan semangat gotong-royong bangsa Indonesia. Axton Salim beserta para kolaborator ingin memberitahu kepada khalayak masyarakat bahwa bahwa harapan akan selalu ada selama sesama manusia saling membantu dan bergotong-royong. Tujuan tersebut tentunya terpancarkan melalui motif Batik Awan Harapan yang terinspirasi dari motif batik klasik Megamendung dari Cirebon, Jawa Barat.

 

 

Terlebih lagi, sebagian hasil penjualan batik tersebut nantinya akan disumbangkan untuk program pemberdayaan Ibu Rusun binaan JKT Creative dalam bentuk pelatihan membatik dan seragam sekolah, lengkap beserta quota internet untuk anak rusun.

Koleksi terbatas ini bisa didapatkan mulai tanggal 29 September 2021 dengan membeli di One Fine Sky dengan menghubungi nomor 08111929109.

Share :