July 25, 2021

Berkomitmen untuk Membangun Kota Modern, China Bangun Kota Futuristik

Seiring perkembangan zaman, dunia arsitektur telah melewati berbagai generasi dengan berbagai terobosan inovatif setiap tahunnya. Berbekal dengan bantuan teknologi mutakhir, tahun ini China kembali menggebrakan dunia arsitektur internasional dengan membangun sebuah kota futuristik yang akan dibangun di sekitar Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan. Berikut adalah beberapa fakta mengenai pembangunan kota modern ini. 

by Hesikios Kevin

 

Akan Berisi Berbagai Fasilitas Modern dan Edukatif

Kehadiran kota tersebut tentunya harus menunjang berbagai fasilitas yang telah disesuaikan dengan teknologi yang terkini. Didukung dengan ide tersebut, kota futuristik ini akan dilengkapi dengan berbagai universitas, laboratorium, serta berbagai gedung perkantoran modern. 

 

Mengkombinasikan unsur perkotaan modern dengan alam sekitar

Perkotaan yang dirancang oleh Office for Metropolitan Architecture, atau disebut dengan OAM, desain kota tersebut menampilkan kombinasi menarik antara unsur alam dengan unsur perkotaan modern. Kota tersebut akan direncanakan dibangun di tengah pedesaan dan dekat dengan bandara baru Tianfu International Airport. Desain kota tersebut akan mempresentasikan rancangan gedung dengan nuansa hijau, yang akan mengikuti bentuk tanah yang mirip dengan terasering. Ke depannya, bangunan-bangunan tersebut akan terlihat seperti perbukitan. 

 

Dirancang untuk Bebas Polusi. 

Tidak hanya menampilkan berbagai fasilitas lengkap dan modern, polusi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam pembangunan kota tersebut. Kota ini akan bebas mobil karena kota ini dirancang dengan jarak dari satu tempat ke tempat lain yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Apabila dirasa cukup sulit, transportasi ramah lingkungan seperti kendaraan otonom akan mengantar pejalan kaki menuju tempat tujuannya. 

 

Terinspirasi dari Kearifan Lokal

Perancang kota tersebut menyebutkan bahwa kota ini dibangun karena terinspirasi dari kearifan lokal yang berbeda. Mereka mengatakan bahwa kebanyakan planning pembentukan kota di China berbasis kuantitas dan infrastruktur, namun seringkali melupakan topografi. Karena pengabaian inilah yang membuat struktur masterplan terlihat sama semua. 

 

Akan Ada Banyak Kota Futuristik ke Depannya

Karena semakin banyaknya jumlah penduduk yang membanjiri di Beijing dan Shanghai, pemerintah China akan menjalankan program perkotaan tersebut di berbagai tempat. Tencent, salah satu perusahaan terbesar di China, juga akan membangun perkotaan futuristik yang akan disebut sebagai Net City, yang akan memfasilitasi para penghuninya dengan aktivitas sehat seperti berjalan baik, membangun ruang hijau, dan pemberian fasilitas transportasi ramah lingkungan. 

 

Share :