July 18, 2021

Cara Unik Penyajian Kentang Goreng Di Berbagai Dunia

Kentang goreng seolah menjadi salah satu makanan pendamping untuk berbagai menu seperti burger ataupun ayam goreng. Tidak hanya disajikan dalam bentuk persegi memanjang, ternyata kentang goreng disajikan dalam berbagai bentuk dan kreasi di beberapa negara.Berikut adalah beberapa kreasi kentang goreng yang biasa dinikmati oleh para masyarakat di berbagai dunia. 

by Hesikios Kevin

 

Patatje Oorlog

Image by 24kitchen.nl

 

Patatje oorlog, atau sering disebut war fries, adalah kentang goreng yang sangat cocok untuk para pecinta pedas dan asin. Penamaan unik kentang goreng ini dikarenakan tampilannya yang ditumpuk secara berantakan dan terlihat seperti tempat dimana bumbu-bumbu tersebut seolah saling berperang. Snack ringan ini berisikan irisan kentang yang telah digoreng hingga sempurna, kemudian diberikan berbagai topping seperti saus mayones, saus sate kacang, bawang mentah potong dadu, dan terkadang saus tomat. Perpaduan rasa yang dihasilkan adalah gurih, asin, dan pedas. Kentang goreng ini sangat cocok disajikan bersama dengan burger yang juicy, khususnya untuk patty yang terbuat dari bacon.  

 

Patatas Bravas

Image by unsplash

 

Patatas bravas adalah kentang goreng berbentuk kubus yang dilemparkan atau diberi saus bravas. Saus Bravas sendiri adalah saus yang berisikan kombinasi minyak, paprika asap pedas dan manis, tepung jagung, dan kaldu. Tidak hanya itu, beberapa penikmat kentang goreng juga memvariasikan masakan kentang ini dengan saus tomat atau saus pedas untuk mendapatkan warna merah dan rasa yang terbilang cukup kental. Patatas bravas biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau digunakan sebagai lauk untuk makan.

 

Moules frites

Image by Bernhard Winkelmann

 

Moules frites dapat digambarkan sebagai hidangan Belgia dengan nama Prancis. Kombinasi kerang dan kentang goreng di Belgia sama populernya dengan fish and chips di Inggris. Berkat penyelesaian Kanal Willebroek pada tahun 1561, makanan laut mengalir dengan mudah ke ibukota Belgia setiap hari, dengan kerang menjadi alternatif yang murah ketika pasokan ikan rendah di musim dingin.Sangat cocok bagi para penikmat makanan laut dan menyukai rasa yang asin.

 

Poutine

https://www.finedininglovers.com/

 

Meskipun ditemukan pertama kalinya di Quebec, camilan kentang khas Kanada ini dapat ditemukan hampir di mana saja di negara ini. Poutine adalah kentang goreng dengan white cheddar cheese curds yang disajikan dengan lelehan saus hangat. Ada alasan tersendiri mengapa masakan kentang ini dikombinasikan dengan keju. Keju segar sangat penting bagi banyak orang di Quebec karena selain memiliki rasa yang lebih ringan, keju memiliki tekstur yang lebih lembut berkat adanya kelembaban. Sehingga sangat bagus disajikan dengan kentang goreng yang hangat karena keju tersebut akan meleleh seiring berjalannya waktu. 

 

Salchipapas

Image by cdn.tasteatlas.com

 

Berasal dari Lima, Peru, salchipapas adalah makanan jalanan yang populer bagi para wisatawan domestik maupun internasional. Kentang goreng tersebut akan diberi topping hot dog yang diiris dengan tipis dan dihiasi keju atau telur goreng. Beberapa pilihan saus yang populer adalah mustard, saus tomat, dan mayones.Salchipapas sekarang sangat populer di Kolombia, Ekuador, Bolivia, dan negara tetangga Amerika Latin lainnya. 

 

Share :