June 16, 2021

Hirup Udara yang Segar di 5 Destinasi Wisata Ini

Tahukah kamu bahwa ada beberapa destinasi di dunia yang dijuluki sebagai tempat wisata oksigen? Dengan kualitas udara yang baik, berlibur ke tempat ini tentunya tidak hanya akan memanjakanmu dengan ketenangan dan kenyamanan, tetapi juga memberikanmu pengalaman berlibur tak terlupakan yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Berikut ini lima tempat wisata oksigen terbaik di dunia yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya ada di Indonesia loh!

by Diella Yasmine

 

Pulau Gili Iyang – Sumenep, Jawa Timur

Gili Iyang.png

Foto dok: seaword.com

Kabupaten Sumenep, Madura, dikenal dengan pulau-pulau yang dimilikinya. Dan siapa sangka, diantara pulau-pulau tersebut terdapat satu pulau yang berpredikat sebagai tempat dengan kadar oksigen terbaik ke-2 di dunia. Tak ayal jika Pulau Gili Iyang dijuluki sebagai pulau oksigen dan masuk ke dalam objek wisata kesehatan di Indonesia.

Dilansir dari berbagai media lokal, pulau ini memiliki kandungan oksigen sekitar 21,5%. Cukup tinggi dibandingkan dengan rata-rata kandungan oksigen di daerah lain yang hanya memiliki sekitar 20%.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pegendalian Penyakit (BBTKLPP), tingginya tingkat oksigen di daerah tersebut didasari oleh kondisi Gili Iyang yang masih alami, serta banyak pohon yang tumbuh subur dan juga rindang. Tidak hanya itu saja, banyak penduduk di pulau ini berusia di atas 100 tahun dan hidup sehat.

 

Laut Mati, Yordania

Dead.jpg

Foto dok: klook.com

Destinasi wisata oksigen selanjutnya adalah Laut Mati yang berlokasi di Yordania. Selain menjadi salah satu destinasi yang paling diminati para traveller, tempat ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu merupakan titik paling rendah bumi dengan ketinggian 417,5m di bawah permukaan laut.
Selain pemandangan indah yang ditawarkan, laut ini juga memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia. Di tempat terendahnya saja, kadar oksigen bisa mencapai 36%, sedangkan presentase keseluruhan di daerah ini rata-rata mencapai 26%.

Laut Mati juga dianggap sebagai salah satu bidang utama pariwisata medis di dunia dengan karakter iklim yang unik serta perairan kaya mineral untuk mengobati banyak penyakit, terutama penyakit kulit dan radang sendi. Tidak hanya itu saja, laut ini juga dipilih sebagai pusat global untuk perawatan penyakit kulit oleh organisasi kesehatan dunia.

 

Pulau Tasmania, Australia

Tasmania.jpg

Foto dok: freedomdestinations.co.uk

Destinasi selanjutnya untuk berwisata oksigen adalah, Capri Peninsula yang berlokasi disisi barat laut Tasmania. Dilansir dari Cape Grim Baseline Air Pollution Station, stasiun pengukuran di semenanjung ini mengatakan bahwa lebih dari sepertiga pulau Tasmania adalah taman nasional, cagar alam atau hutan belantara yang membuat udara dan oksigen di daerah ini menjadi sangat baik. Tidak hanya itu saja, industri pertanian dan pariwisata di sini juga berdedikasi untuk mempromosikan kualitas udara di kawasan ini untuk menarik para turis.

 

Helsinki, Finlandia

Helsinki.jpg

Foto dok: luxuo.com

Selain mendapatkan gelar sebagai salah satu paling negara paling bahagia di dunia selama empat tahun berturut-turut, Finlandia juga menjadi rumah bagi para traveller yang ingin mendapatkan pengalaman berwisata oksigen.

Ibu kota Finlandia, Helsinki memiliki predikat kota dengan udara terbersih dan hal tersebut dibuktikan dengan adanya kebijakan pembatasan emisi dari kendaraan industri yang dicanangkan pemerintah kotanya.

Meski jalan-jalan disini juga dibuat lebar untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, pemerintah menyarankan penduduk untuk menggunakan angkutan umum. Untuk menunjang kenyamanan, transportasi publik dengan fasilitas terbaik pun dihadirkan.

Selain itu, keberadaan taman-taman dan ruang terbuka hijau yang mencapai 47% dari total ruang terbuka di Helsinki menyumbangkan banyak udara bersih di kota tersebut. Dan kini Helsinki bertekad menjadi kota netral karbon atau kota tanpa mobil pada tahun 2050.

 

Honolulu, Hawaii

Honolulu.jpg

Foto dok: gotravelblogs.com

Diberkati dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, Honolulu, Hawaii tidak hanya menjadi salah satu surga dunia, tetapi juga tempat dimana kita bisa menikmati udara segar. Menurut laporan American Lung Association State of the Air 2018, Hawaii memiliki kualitas udara terbaik dan paling stabil di Amerika Serikat dan masyarakat di kota ini juga berdedikasi untuk menjaga lingkungan tetap bersih dari sampah dan juga polusi.

Share :