September 23, 2020

Indah di Foto, Ternyata Fotografer Memakai 5 Cara Unik Ini!

Untuk mendapatkan sebuah foto yang sempurna, seorang fotografer menggunakan berbagai trik agar objek yang dia incar bisa mengeluarkan potensi penuh.  Bukan hanya soal penggunaan kamera yang mumpuni, namun juga beberapa kondisi seperti cahaya, angle, serta penggunaan barang-barang lainnya juga dibutuhkan untuk mencapai kondisi yang sempurna. Namun, banyak sekali cara-cara unik yang sering dipakai untuk menghasilkan foto dengan kondisi tertentu, salah satunya adalah yang akan kami ulas kali ini.

by Hesikios Kevin

1/5 Merebus ayam kurang matang sembari dicat

Photo by Hayley Ryczek on Unsplash

Kebanyakan orang sangat menyadari bahwa memasak ayam yang kurang matang cukup berbahaya bagi kesehatan, namun menjadi sebuah hal lain ketika teknik ini digunakan untuk sebuah foto. Daging yang kurang matang dapat memperlihatkan penampilan yang montok, sedangkan ayam yang dimasak matang sering menyusut dan terlihat keriput. Untuk mendapatkan efek yang kecoklatan matang yang dramatis, pengunaan berbagai macam campuran zat seperti cat, marmite, bahkan kulit sepatu juga dimasukan untuk memperoleh efek yang menggiurkan ini.

2/5 Menumpuk pancake dengan lapisan karton

Photo by Sincerely Media on Unsplash

Untuk mendapatkan foto pancake yang menggiurkan, tentunya pancake harus terlihat tebal, berisi, serta memenuhi 1 piring. Namun hal yang sering terjadi adalah pancake buatan sendiri jarang terlihat sebagus yang dijanjikan dalam buku resep. Untuk mensiasati hal itu, maka perlu ada tambahan khusus untuk membuatnya terlihat penuh, yaitu menggunakan lipatan karton tersembunyi diantara pancake. Hal inilah yang memberikan setiap pancake sebuah ruang ekstra untuk terlihat ringan dan lembut, bukan datar dan basah.

3/5 Menggunakan oli mesin sebagai pengganti sirup maple

Photo by Kobby Mendez on Unsplash

Untuk menangkap momen ketika sirup maple dituang di atas pancake, tentunya membutuhkan uang ekstra dan timing yang tepat untuk melakukannya. Hal ini berbeda apabila ditilik dari sudut pandang para profesional. Untuk mengatasi berbagai hambatan yang ada,  mereka tidak menggunakan sirup maple sama sekali, namun menggunakan oli mesin. Oli mesin digunakan karena tidak terserap oleh pancake. Apabila ada buah, tusuk dengan tusuk gigi agar ketka ditancapkan ke pancake buah tersebut seimbang dan tidak bergoyang.

4/5 Menambahkan cairan pembersih ke bir

Photo by Dave Weatherall on Unsplash

Kucuran bir yang menimbulkan soda yang keluar memenuhi gelas dapat menimbulkan sebuah visual dimana tenggorakan ingin menyesapnya birnya secara cepat. Namun, berhati-hatilah apabila bir berbusa yang menyegarkan itu mungkin tidak akan terasa sebagus kelihatannya apabila ditawarkan oleh fotografer. Ternyata ada bahan mengejutkan yang dipakai agar busa dalam bir terlihat segar dan indah. Untuk menuangkan bir yang sempurna, fotografer makanan sering menambahkan sedikit cairan pembersih sebelum ale atau lager dituangkan untuk mendapatkan atasan berbusa ekstra.

5/5 Menggunakan lem sebagai pengganti susu pada sereal

Saat pemotretan, bahan cair seperti susu jarang dipakai karena membuat makanan sekitarnya menjadi melempem dan tidak segar. Maka dari itu, alternatif terbaik adalah dengan menggunakan lem. Lem digunakan karena membantu menyeimbangkan setiap biskuit gandum atau sereal mengapung di atasnya, sehingga lebih terlihat segar dan enak untuk dilihat.

Share :