September 23, 2021

Inilah 5 Fakta Menarik Kedatangan BTS di UNGA

Baru-baru ini, fans BTS yang terkenal dengan julukan ARMY, dikagetkan dengan kehadiran idola pujaanya dalam Sidang Majelis Umum PBB (UNGA) ke-76, di Markas Besar PBB, New York, AS, pada hari Senin yang lalu. Tidak hanya membawakan pidato yang insipiratif di masa kritis ini, idola K-pop tersebut juga memberikan performa dan pesan yang luar biasa selama kedatangan mereka di sana. Berikut ulasannya.

Written by Hesikios Kevin
All image by BTS_official & BTS_twt


Berangkat Menggunakan Paspor Diplomatik

Berbeda dari para grup pemusik yang bepergian ke luar negeri dengan paspor biasa, ketujuh member BTS berangkat dengan paspor diplomatik yang diberikan oleh Presiden Moon Jae. Dengan diberikannya paspor tersebut, BTS diutus secara khusus oleh pemimpin negara mereka untuk menyampaikan pesan penghiburan serta membawakan bahasan mengenai generasi muda yang tumbuh besar di era pandemi seperti ini. Dengan pengaruhnya yang besar, BTS pun turut diharapkan untuk memberikan pengharapan untuk menguatkan masyarakat dunia yang sampai saat ini masih berperang dengan virus COVID-19

 

Pidato yang Inspiratif

BTS diberikan kesempatan untuk berpidato di depan para pemimpin negara beserta figur sosial lainnya. Dalam pidatonya, BTS memberikan pandangan yang cukup inspiratif ketika membahas pandemi yang masih menjadi issue dunia. Dalam kesempatan ini, Jin dan Jungkook menjadi member yang bertanggung jawab untuk memberikan pidato ini. Jin memberikan sudut pandang bahwa generasi pandemi saat ini bukanlah generasi yang bisa dibilang sebagai “lost generation”. Menurutnya, generasi yang hidup di tengah pandemi ini merupakan generasi yang siap untuk membawakan perubahan ke depannya.

Jungkook juga memberikan pidato dimana ia dan para member lainnya setuju bahwa generasi muda saat ini lebih cocok disebut sebagai generasi kuat yang bisa menjalankan gerakan luar biasa dengan pilihan yang terbatas.

 

Membawakan “Permission to Dance”

Setelah memberikan pidato yang cukup inspiratif di hadapan para petinggi negara, para BTS tidak serta merta kembali duduk untuk melanjutkan acara. Namun, mereka menampilkan video mereka ketika membawakan lagu “Permission to Dance”. Hal ini merupakan hal yang tidak biasa karena pengambilan video tersebut ternyata di lakukan di markas besar PBB. Setelahnya, mereka kemudian bernyanyi dan memberikan pertunjukan dance khas BTS di dalam podium tempat mereka berpidato tersebut. Mereka kemudian melanjutkan performa mereka di lobby hall, dan mengakhiri pertunjukan mereka dengan menyanyi dan menari bersama puluhan anak muda lainnya di taman Markas Besar PBB

 

Menampilkan Bahasa Isyarat Tersembunyi

Bukan BTS apabila member-member tersebut tidak menyembunyikan berbagai kejutan yang bisa membuat para fansnya berdebar. Dalam performa yang mereka lakukan setelah berpidato, tarian BTS ternyata memiliki sejumlah gerakan bahasa isyarat yang disadari oleh penerjemah bahasa isyarat. Penerjemah tersebut mendapati bahwa performa yang dibawakan oleh grup boyband paling populer di dunia itu menampilkan beberapa kata seperti “menyenangkan”, “damai”,  dan “menari”

 

Pelopor Gerakan “Youth Today, Your Story”

Dikenal menyebarkan energi positif, cinta, dan harmoni melalui bakat musik mereka, grup Korea Selatan BTS juga berkolaborasi dengan United Nation untuk membawakan gerakan “Youth Today, Your Story”. BTS meminta fans serta generasi muda lainnya untuk berbagi cerita mereka dengan tag #YouthToday dan #YourStories sebagai bentuk penyemangatan terhadap kondisi dunia saat ini. Dilansir dari Twitter official mereka, BTS memberikan pesan ajakan untuk membagikan momen-momen berharga yang dimiliki oleh setiap orang, yang ternyata menjadi rantai pesan positive di media sosial. Tweet tersebut muncul dalam bahasa Inggris agar setiap orang mampu untuk mengerti hal yang ingin mereka sampaikan melalui tweet tersebut.

 

Dear young people,
What were the past 2 yrs like for you, and what’s your world like today? Express the precious things that make up your world or show who you are now with an image, an emoji or a word

At the UN, your stories will begin.

Sincerely,#BTS#YouthToday #YourStories pic.twitter.com/kZOGEW1aj0

 

Pesan yang menghangatkan hati dari para penggemarnya kemudian membanjiri platform micro-blogging tersebut dengan total tweet sebesar lebih dari 1,3 juta tweet dengan tag #YouthToday dan #YourStories. Sementara beberapa berbagi tentang pengalaman sulit mereka, para penggemar juga berjanji bahwa idola K-Pop mereka akan tetap menjadi orang baik dan memberikan perubahan yang besar.

 

 

 

Share :