June 15, 2021

Jaga Kesehatan Rambut Dengan 5 Makanan Ini

Rambut adalah sebuah mahkota bagi para manusia. Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi rambut Anda: genetika, usia, hormon, kekurangan nutrisi, dan banyak lagi. Namun, mempertahankan rambut yang sehat dan indah seakan menjadi hal yang susah untuk dipertahankan akibat pola hidup yang tidak sehat serta tingginya konsumsi makanan ang kurang bernutrisi. Memilih  makanan sehat yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk memperbaiki nutrisi dan menunjang pertumbuhan rambut. Berikut adalah 5 makanan yang baik untuk kesehatan rambut.

by Hesikios Kevin

 

Mentega Almond

Mentega almond mengandung berbagai macam nutrisi—termasuk protein, lemak sehat, dan vitamin tertentu—yang smemiliki banyak manfaat untuk  kesehatan rambut. Kandungan vitamin E dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menjaga rambut untuk tetap tebal dan berkilau. Dalam jurnal Tropical Life Sciences Research yang dilakukan oleh para peneliti dalam kurun waktu 8 bulan, mereka menemukan bahwa peserta yang diberi suplemen vitamin E 100 miligram setiap hari mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 34%.  Satu sendok makan mentega almond menyediakan hampir 3,87 miligram Vitamin E. Tunjangan Vitamin E harian yang direkomendasikan adalah 15 miligram, jadi mentega almond akan membantu Anda, terutama jika Anda makan lebih dari satu sendok makan.

 

Daging Salmon

 

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Omega-3 bersifat anti-inflamasi dan sangat membantu jika seseorang mengalami peradangan yang menyebabkan kerontokan rambut. Selain membantu Anda tetap bugar dan bebas penyakit, omega-3 memungkinkan Anda menumbuhkan rambut dan membuatnya tetap berkilau dan penuh. Menurut ahli gizi Dr. Joseph Debé, CD, CDN, baik kebotakan pada pria maupun kerontokan rambut wanita sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang membantu tubuh memproses insulin dengan lebih efisien. Terlebih lagi, salmon dan ikan berlemak lainnya penuh dengan vitamin D yang merangsang folikel. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology, vitamin D juga dapat membantu merangsang folikel rambut yang tidak aktif.

 

Bayam

Sayuran hijau adalah salah satu makanan sehat yang wajib dimasukan ke dalam menu makanan sehari-hari. Bayam mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang dapat bermanfaat bagi rambut, serta kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Selain memiliki kandungan zat besi dan magnesium yang tinggi, bayam juga dapat membantu rambut Anda memproduksi sebum.

 

Telur

Telur penuh dengan protein dan nutrisi penting yang berkontribusi pada kesehatan rambut, seperti kolin dan vitamin A, D, dan B12. Telur juga memiliki kandungan 10 mikrogram vitamin B yang disebut biotin, yang dapat membantu rambut tumbuh dan memperkuat kuku. Tidak hanya itu, telur juga merupakan sumber vitamin D terbaik untuk membantu rambut Anda tumbuh kuat dan berkilau. Menurut Registered Dietitian Nutritionist, Stefani Sassos, dua karotenoid spesifik yang ditemukan dalam telur yang disebut dengan lutein dan zeaxanthin juga berperan dalam menjaga kesehatan sel, terutama mata, kulit, dan rambut.

 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan asam folat, yang dapat membantu tubuh Anda membuat sel darah merah. Sel-sel darah merah itu membawa oksigen ke organ-organ Anda, termasuk kulit dan kulit kepala Anda.

 

 

 

Share :