June 18, 2020

Jauh dari Keramaian, Berikut 5 Tempat Wisata Tersembunyi di Indonesia

Sebagai salah satu negara yang dikenal akan kekayaan alamnya, Indonesia adalah salah satu negara yang menarik untuk dikunjungi wisatawan luar. Selain terkenal akan kekayaan alamnya, Indonesia pun juga dikenal sebagai negara dengan ragam tempat wisata indahnya. Apabila Anda seorang traveler, mungkin lokasi seperti Bali, Lombok, dan Raja Ampat tak habis-habisnya disebut sebagai tempat terkenal di Indonesia. Namun sayangnya ketiga tempat tersebut selalu dipenuhi dengan para wisatawan baik wisatawan domestic ataupun wisatawan asing. Anda seorang traveler namun tidak suka tempat wisata yang mainstream? Berikut adalah 5 tempat wisata yang dijamin tak banyak orang yang mengetahuinya, termasuk orang lokal!

by Hesikios Kevin

Image by Sasin Tipchai from Pixabay

  1. Taman Nasional Baluran

Terkadang seseorang travelling ke luar kota karena terlalu sumpek dengan macetnya ibukota dan perkotaan yang semakin lama semakin didominasi oleh gedung perkantoran. Apabila Anda mencari tempat untuk benar-benar menikmati alam, maka Taman Nasional Baluran sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata. Terletak di daerah wilayah Wongsorejo, Jawa Timur, Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Nama Baluran diambil karena dekat dengan Gunung Baluran. Dengan zona inti seluas 12.000 Ha, dijamin Anda akan lebih banyak disuguhi keindahan pemandangan alam yang sangat luas dibanding lautan manusia. Anda pun juga bisa menemukan berbagai satwa liar seperti rusa, monyet, bahkan burung merak! Namun mohon diingat untuk selalu menjaga jarak dengan satwa liar dan tidak melakukan hal-hal yang bisa mengurangi keindahan alamnya, contohnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Image by hpn2019.id

  1. Pantai Ora, Maluku

Pantai menjadi salah satu tujuan para traveler untuk melepas stress sambal melihat keindahan sunset. Namun sayangnya menemukan pantai yang bersih dan jernih adalah salah satu tantangan terbesar para traveler, karena banyak pantai yang sudah terkontaminasi oleh berbagai sampah para wisatawan. Contohnya pantai Kuta yang sekarang semakin tertutup keindahannya karena banyaknya sampah plastic dan berbagai sampah lainnya di sekitaran pesisir pantai. Apabila Anda ingin bisa merasakan pantai yang bersih dan jernih, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk ke luar negeri! Anda cukup booking pesawat ke Maluku dan mencari pantai bernama Pantai Ora.

Pantai Ora yang berada di wilayah Maluku ini menawarkan berbagai keindahan yang menyejukkan mata. Dengan latar pengunungan kapur dan air yang jernih, Anda bisa melihat langsung ke dalam perairan tanpa perlu menyelam! Kamu yang hobi snorkeling atau diving dipastikan akan ketagihan dan rasanya ingin terus-menerus menyelam di sana.

Image by backpackerladyblog

  1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Keindahan pantai masih belum bisa memuaskan dahaga travelling Anda? Mungkin Anda perlu dikejutkan oleh sebuah danau yang terletak di Kalimantan Timur ini. Danau yang bernama Labuan Cermin adalah salah satu tempat wisata di mana danau ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu kejernihan airnya dan airnya yang memiliki “dua rasa”. Pada permukaan danau ini didominasi oleh air laut yang asin, namun air dibagian dasar danau dipenuhi oleh air tawar! Cara menempuh ke danau ini bagaimana? Kamu harus sabar-sabar ya karena untuk menempuh ke danau ini diperlukan waktu yang cukup lama dari Bandara, yaitu sekitar 8 jam! Namun kejenuhan waktu tempuh yang lama ini akan segera lenyap, tergantikan oleh rasa syukur dan puas ketika melihat pemandangan danau yang memuaskan ini. Namun hati-hati ya karena kedalaman danau ini cukup dalam, yakni sekitar 4 – 5 meter!

Image by KSM Tour

  1. Pulau Moyo, Sumbawa

Pulau Bali bisa menjadi salah satu destinasi popular untuk berlibur. Namun karena kepopuleran Bali di mata wisatawan asing membuat Bali menjadi tempat yang terlalu ramai untuk berlibur. Apabila Anda menginginkan tempat wisata seperti Bali namun less human, pulau Moyo akan menjadi tempat alternatif wisata Anda. Pulau kecil yang dikelilingi oleh pantai dengan air berwarna biru jernih yang dipenuhi dengan pasir putih, membuat pulau ini menjadi salah satu daya tarik untuk para wisatawan. Terletak di daerah Sumbawa, bukan berarti bahwa pulau ini tidak bisa mengalahkan pulau Bali. Justru di pulau ini kamu bisa menemukan resort megah Amanwana. Bahkan Maria Sharapova, petenis terkenal dari Rusia, dan juga mendiang Putri Diana juga pernah menginap di sini, lho! Untuk bisa mencapai tempat ini kamu bisa menyewa perahu boat atau perahu nelayan. Akan lebih baik menyewa perahu boat karena Anda bisa mencapai tempat ini dalam waktu 20 menit saja! Lebih cepat 1,5 jam dibanding menggunakan perahu nelayan. Jangan lupa untuk mengunjungi Queen’s Waterfall dan Pantai Tanjung Pasir ya ketika kamu ke pulau ini!

Image by wartawisata.id

  1. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Destinasi terakhir adalah tempat di mana Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit bertapa sebelum dia mengucapkan sumpah palapa untuk menyatukan wilayah Nusantara. Terletak di Dusun Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura ini memiliki ketinggian 200 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Untuk mencapai air terjun ini tidak bisa menggunakan motor ataupun perahu. Anda diharuskan untuk berjalan kaki sekitar 30 menit lamanya. Namun tidak ada yang sia sia. Setelah Anda sampai, Anda akan disuguhkan pemandangan air terjun menarik yang tidak hanya breathtaking, tetapi juga membuat pikiran dan hati Anda rileks, seakan kepenatan yang ditimbulkan ibukota hilang begitu saja.

Itulah 5 tempat wisata tersembunyi di Indonesia yang bisa kamu kunjungi! Selalu siapkan dana finansial yang cukup dan stamina yang prima. Kira-kira, manakah dari 5 tempat ini yang akan kamu kunjungi duluan?

Image by Hargatiket.net

 

Share :