Kilas Balik Tren Makanan di 2021

Kilas Balik Tren Makanan di 2021

26 December, 2021

Sepanjang tahun 2021, timeline media sosial kita dibanjiri dengan berbagai hidangan trending yang menggugah selera. Mulai dari hidangan khas NTT, Sei sapi, Croffle, Cronut, Baked Feta Pasta hingga Dalgona Candy, berikut rangkuman makanan hits yang menjadi favorit para pecinta kuliner di Indonesia.

by Mobiliari Team

January: Sei Sapi

Sei.jpeg

Foto dok: GrabIndonesia

 

Who doesn’t love a tender smoked beef? Pada bulan Januari 2021, makanan khas dari Nusa Tenggara Timur atau NTTini sempat ramai diperbincangkan di media sosial. Teksturnya yang lembut dan rasa asap yang kuat membuat hidangan ini diminati banyak kalangan. Tak hanya itu saja, berbagai food bloggers di Tanah Air juga sangat gencar mereview masakkan lezat ini.

 

February: Baked Feta Pasta

feta.jpg

Foto dok: Grilledcheesesocial.com

 

Baked feta pasta is all the rage and now we know why! Sempat trending di TikTok pada bulan Februari lalu, hidangan lezat ini sangat mudah direkreasikan di rumah. Terinspirasi dari makanan Yunani yaitu feta panggang, hidangan ini hanya memadukan 3 bahan sederhana, yaitu pasta, tomat dan keju feta.

 

March: Loukoumades (Greek Donuts)

Lukumades.jpg

Foto dok: Foreignfork.com

 

Makanan viral selanjutnya adalah Loukoumades atau Greek Donuts. Seperti namanya, roti berbentuk bulat dengan tekstur lembut ini berasal dari negeri para dewa, Yunani. Sejatinya, Loukoumades disajikan bersama dengan lelehan madu dan taburan kacang, tetapi di Indonesia sendiri berbagai pilihan inovatif pun dapat dinikmati, mulai dari triple chocolate, green tea, Lotus Biscoff, caramel, blueberry hingga strawberry.

 

April: Croffle

croffle.jpg

Foto dok: Social Affair

 

Without a doubt, Croffle had topped the list of everyone’s must try list in April. Perpaduan dua makanan lezat, yakni Croissant dan Waffle, hidangan ini menyajikan perpaduan rasa manis dan gurih serta tekstur yang crispy. Di Indonesia sendiri, inovasi Croffle sudah banyak ditemukan di berbagai gerai dengan rasa serta topping yang berbeda-beda. Mulai dari green tea, blueberry, chocolate, Lotus Biscoff, caramel, butter hingga cinnamon, semua kreasi cocok dinikmati dengan segelas kopi maupun the hangat.

 

May: Molecular gastronomy

molecular.jpg

Foto dok: splice-bio.com

 

Sejatinya, Molecular Gastronomy atau Gastronomi Molekuler sempat menjadi perbincangan di kalangan para pecinta makanan sejak tahun 2016. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin bertambahnya food reviewer atau food blogger, tren ini kembali naik di tahun ini. Dengan konsep yang unik, yaitu teknik mengolah makanan dengan mengaplikasikan ilmu fisika dan kimia dalam satu bentuk makanan menjadikan Molecular Gastronomy sebuah hal yang wajib dicoba.

 

June: BTS meal

BTS MEAL.jpg

Foto dok: Koreaboo.com

 

Dirilis pada bulan Juni 2021, BTS Meal langsung menjadi trending topic di media sosial. Bagaimana tidak? Pada debutnya di Indonesia, seluruh gerai McDonalds dibanjiri dengan ratusan food delivery worker yang rela mengantri berjam-jam dalam cuaca panas maupun hujan.

 

July: Tipsy ice cream

tipsy.jpg

Foto dok: seriouseats.com

 

Strawberry, Vanilla dan chocolate merupakan rasa yang biasa ditemukan pada ice cream, namun bagaimana dengan alkohol? Pada bulan Juli lalu, tipsy ice cream menjadi trending topic di media sosial karena kreasinya yang unik. Mulai dari Spiked Hazelnut Coffee, Dark Chocolate Whiskey and Salted Caramel, Vanilla Bean Bourbon dan Cake Batter Vodka Martini hingga Raspberry Limoncello Sorbet dan Mango Margarita Sorbet. Kamu dapat dengan puas mencicipi beragam inovasi liquer ice cream yang menggugah selera.

 

August: Cronut

cronut.jpg

Foto dok: foodnessgracious.com

 

Selain croffle, cronut juga sempat ramai diperbincangkan pada bulan Agustus lalu. Perpaduan antara donut dan croissant menjadi sebuah inovasi unik dan digemari oleh banyak kalangan. Sama seperti hidangan dessert lainnya, cronut juga hadir dalam berbagai rasa dan topping seperti chocolate, green tea, Lotus Biscoff, caramel, blueberry hingga strawberry.

 

September: Dalgona Candy

dalgona.jpg

Foto dok: Mashable.com

 

Calling all ‘Squid Game’ lovers here! Setelah peluncuran serial hits Netflix tersebut, Dalgona Candy langsung menjadi trending topic di media sosial. Beragam kreasi serta tutorial membuatnya juga membanjiri feed Instagram kita.

 

October: Taco

Taco.jpg

Foto dok: aheadofthyme.com

 

Pada bulan Oktober lalu, makanan khas Meksiko yang terdiri dari kulit tortilla tipis dan suwiran daging maupun sayuran ini sempat membanjiri feed media sosial kita. Setelah dibukanya franschise Taco Bell di Indonesia, para pecinta makanan tak mau ketinggalan untuk mencoba makanan lezat ini.

 

November: Subway

sandwhich.jpg

Foto dok: sunsetboulevard-dk

 

Tak lama setelah dibukanya Taco Bell, kini giliran Subway yang menjadi trending topic di media sosial. Restoran yang menyajikan berbagai sandwhich ini pun langsung diserbu oleh para foodies di Jakarta dan seperti yang kita bisa lihat restoran ini juga dibanjiri order serta antrean yang panjang.

 

December: Baby crab ramen

Crab.png

Foto dok: thehalaleater.com

 

Siapa yang tak kenal ramen? Mi khas Asia Timur ini menjadi makanan hits di Indonesia. Biasanya, ramen akan dicampur dengan nori atau lembaran rumput laut, kaldu, dan beberapa pelengkap lainnya. Namun, ramen dengan bayi kepiting merupakan sesuatu hal yang unik untuk dicoba. Pada bulan Desember tahun ini, baby crab ramen ramai diperbincangkan di media sosial dan berbagai food blogger pun langsung membanjiri timeline feed kita dengan review mereka.