January 30, 2021

Kim Jones Memamerkan Koleksi Fendi Couture Spring/Summer 2021 Dengan Sejumlah Kejutan di Dalamnya

Direktur kreatif pakaian wanita Fendi, Kim Jones memulai debut couture-nya pada perhelatan Paris Fashion Week melalui koleksi Fendi Couture Spring/Summer 2021.

Sejak Fendi mengumumkan bahwa Kim Jones akan mengambil alih peran mendiang Karl Lagerfeld sebagai direktur artistik pakaian wanita, para pecinta fashion dan industri mode banyak yang tak sabar untuk melihat hasil karyanya.

Setelah terpilih pada September tahun lalu, hari yang ditunggu-tunggu tersebut pun akhirnya tiba. Pada hari Selasa (26/01), Kim Jones memulai koleksi debut Fendi Couture Spring/Summer 2021 pada perhelatan Paris Fashion Week. Momen ini tidak hanya penting bagi rumah mode asal Italia tersebut, tetapi juga bagi Kim Jones yang sebelumnya tidak pernah membuat koleksi pakaian wanita.

 

Sebelum ditunjuk oleh Fendi, Jones pernah menjadi direktur kreatif pakaian pria Louis Vuitton selama tujuh tahun dan kini masih menjabat sebagai direktur artistik Dior Homme sejak tahun 2018. Dengan segudang pengalamannya merancang pakaian pria, womenswear adalah area baru, terlebih lagi couture.

Lahir di London, Britania Raya pada tahun 1979, Kim Jones dibesarkan diberbagai negara mulai dari Kenya, Ethiopia, Tanzania, Botswana, Ecuador, Carribean, London dan Sussex. Latar belakang yang ia miliki ini tidak hanya mempengaruhi caranya melihat dunia dari berbagai kebudaayaan, tetapi juga menjadi sumber inspirasinya dalam membuat sebuah karya.

Kecintaannya terhadap sastra, terutama penulis legendaris Virginia Woolf menginspirasi karya debutnya. Pada koleksi kali ini, lulusan Central Saint Martins tersebut menerjemahkan karya Woolf yang termahsyur berjudul “Orlando” dalam bentuk presentasi visual yang memperlihatkan sebuah perjalanan unik dari British Bloomsbury ke Galleria Borghese di Roma.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fendi (@fendi)

 

Tampilan maskulin-androgini yang kaya akan detail mendominasi panggung runway dengan kombinasi flou atau gaun berstruktur ringan dan tailleru dengan siluet serta potongan yang tegas dan kokoh. Beberapa translasi juga tampak jelas terlihat, seperti kata-kata dari novel Woolf yang di aplikasikan pada decorative handbag dan sepatu boots kulit yang menawan.

Berbagai motif dari area pertanian Charleston, yang letaknya tak jauh dari tempat Kim Jones menghabiskan masa kecilnya, juga diaplikasikan melalui lukisan tangan pada beberapa sepatu dan lukisan karya adik Woolf, Vanessa Bell turut menjadi motif bordir pada gaun-gaunnya.

Keindahan palet marmer Galleria Borghese, Roma juga tercermin pada kain tentun jacquard serta gaun-gaun sutera yang dihiasi dengan ornament seperti manik-manik kaca yang juga menjadi komponen utama dalam karya visual Kim Jones kali ini.

Tidak hanya itu, sejumlah artis dan supermodel ternama seperti Kate Moss, Christy Turlington dan Naomi Campbell tampak berjalan beriringan dengan Bella Hadid, Cara Delevingne dan anak perempuan Kata, Lila Grace Moss. Selain itu, Kim juga memberikan kejutan pada pagelaran modenya dengan menampilkan aktris legendaris, Demi Moore yang tampak anggun dalam balutan setelan sutra bahu terbuka dengan garis peplum.

Para model juga turut melenggang anggun dengan di atas runway dengan kutipan dari surat cinta yang ditulis oleh Virginia Woolf kepada Vita Sackville-West yang terdengar dibacakan oleh composer Max Richter selama show ini.

Share :