August 28, 2020

Label Fashion Ternama Balenciaga Memberikan Pesan Khusus Mengenai Perubahan Iklim Melalui Koleksi Fall Winter 2020

Membawakan koleksi Fall Winter 2020 di Paris Fashion Week, Balenciaga sebagai salah satu rumah fashion termewah di dunia ini selalu memberikan kejutan pada tiap peragaan busananya. Terinspirasi dari sebuah perhatian khusus mengenai berbagai macam perubahan iklim, khususnya pada musim dingin, Creative Director Demna Gvasalia menyajikan sebuah runway dengan air yang menggenangi permukaannya diiringi dengan visual LED yang meniru suara hujan, api dan petir. Fashion runway ini pun juga terasa begitu dramatis ketika Balenciaga secara sengaja mengosongkan tempat duduk untuk tiga baris terdepan dikarenakan tertutupi oleh genangan air. Langkah ini bertujuan untuk menyoroti ancaman perubahan iklim yang semakin lama semakin memprihatinkan.  

Satu per satu, koleksi terbaru Balenciaga dibawakan oleh para model yang berjalan diiringi dengan suara percikan genangan air. Sesuai dengan atmosfer runway yang sensasional, koleksi kali ini memperlihatkan berbagai koleksi Fall Winter 2020 seperti seragam berbahan scuba lengkap sampai dengan alas kakinya. Di dalam fashion runway tersebut bahkan memperlihatkan model berjalan di tengah genangan air menggunakan Vibram “Fivefinger”, atau sering disebut dengan “toe shoes”. 

Nuansa hitam disertai dengan bahan kulit menjadi salah satu fokus utama yang ditonjolkan dalam koleksi Balenciaga kali ini. Dimulai dari celana panjang, luaran yang besar, sepatu boot, kets, sampai dengan toe shoes, semua dieksekusi dalam warna mute, atau sering disebut dengan warna yang diredam. Tidak hanya memberikan kesan yang gelap dan netral, beberapa koleksi pun terlihat androgini. Salah satunya contohnya adalah desain thigh-high boots yang digunakan oleh pria. Spiked rubber jacket dan beberapa koleksi pakaian dengan bantalan bahu yang besar dan shift style juga turut diperlihatkan di dalam koleksi ini.  

 

Written by Hesikios Kevin
Image by Balenciaga
Share :