August 10, 2021

Lukisan Motif Kimono Representasi Negara Partisipan Olimpiade Tokyo

Tak terasa sudah empat tahun berlalu sejak negara Jepang bekerja sama dengan organisasi Imagine Oneworld dalam melakukan Kimono Project, yang bertujuan untuk membuat kimono, baju asal Jepang dengan motif yang merepresentasikan masing-masing negara yang ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020.  

Desain-desain dikembangkan dengan bantuan kedutaan besar bagi negara-negara tersebut. Motifnya yang unik-unik ini digambarkan dan terinspirasi dari budaya, sejarah dan seni serta keindahan alam setiap negaranya. Di tahun 2021 ini, akhirnya proyek tersebut dinyatakan selesai dan mereka berhasil memproduksi sekitar 213 pola kimono tetapi sangat disayangkan rencana untuk semua kimono ditampilkan pada ajang olimpiade dibatalkan. Tetapi jangan khawatir ketinggalan,  berikut beberapa desain motif daripada kimono tersebut.

by Anastasia Kathleen

 

Indonesia

Kimono yang dibuat mengikuti tradisi Indonesia ini memiliki fitur elemen daripada geografi dan kultur yang terlihat pada motif terdapat Candi Borobudur, wayang dan juga peta yang menunjukkan pulau-pulau di Indonesia. Okashige, desainer daripada pola tersebut berkolaborasi dengan seniman di Pekalongan, dan juga di Kyoto untuk melakukan proses varian dalam menciptakan karyanya tersebut. 

 

Singapura

Desainer Ose Shoten menyebut karyanya ini sebagai “unprecedented work” .Kimono yang ia buat ini menggabungkan pola Jepang Oshima tsumugi dan juga Kasuri dalam bentuk patchwork  dan bordir. Tentunya terdapat motif yang merepresentasikan negara Singapura tersebut termasuk patung ikonik Merlion. Ditambah dengan siluet hitam dari tempat-tempat wisata negara tersebut termasuk arsitektur dari Gardens by the Bay dan hotel mewah Marina Bay Sands.

 

Kenya

Tentunya negara Kenya ini memiliki motif yang memikat mata karena penuh dengan warna. Ditemani dengan warna oranye senja dan biru tua yang menandakan keindahan langit negara tersebut, terdapat siluet binatang-binatang yang hidup dalam negara tersebut seperti jerapah dan gajah, yang seperti membawa kita langsung ke dalam suasana. Dengan detail yang sangat rumit, kain ini memakan 200 benang dalam warna berbeda dan menghabiskan sekitar satu tahun untuk dijahit.

 

Hong Kong

Mengkorporasikan Chinese Fire Dragon dan Skyscrapper ikonik negara Hongkong, motif tersebut dibuat oleh desainer Kenichi Okubo bersama dengan anggrek bauhinia sebagai pelengkap dan lambang dari teritori negara tersebut. Obi atau yang kita kenal sebagai sabuk daripada kimono tersebut didesain oleh Hakata Ori, dengan empat Auspicious Beasts dari fengshui dan motif daripada gedung-gedung modern di kota. 

 

Saudi Arabia

Pada motif kali ini desainer memilih untuk memberikan pemandangan sekilas daripada negara tersebut dari dua masa. Masa lalu yang tradisional dari negara tersebut digambarkan oleh unta yang sedang berbaris dan berjalan melewati padang gurun. Dan diatas motif tersebut , terdapat gambar gedung-gedung dan arsitektur modern yang melambangkan masa depan Saudi Arabia. 

 

Kanada

Daun maple sudah menjadi simbol ikonik dari Kanada, mudah beradaptasi dengan kimono, karena daun maple merupakan estetika tradisional Jepang juga. Diwarnai dengan warna musim gugur yaitu oranye dan gambar pegunungan karena negaranya yang terkenal dengan keindahan alam tersebut.

Share :