March 29, 2021

Mengherankan, Inilah 5 Fakta Unik Seputar Makanan!

Makanan sangat berperan penting dalam hidup kita. Dengan banyaknya jenis makanan yang tersebar, tentunya kita sebagai manusia diberikan banyak pilihan untuk memilah mana makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang harus dijauhi. Selain itu, berbagai makanan juga menyimpan sejumlah hal yang mengejutkan ketika diteliti lebih jauh. Berikut adalah 10 fakta unik seputar makanan yang mungkin saja tidak terlintas di dalam pikiranmu.

by Hesikios Kevin

 

Arachibutyrophobia Benar-Benar Ada

Paling tidak suka ketika ada selai kacang yang tertinggal di atas langit-langit mulut saat sarapan roti di pagi hari? Ternyata salah satu keadaan yang biasa dihadapi oleh orang banyak ini bisa memicu sebuah ketakuran yang disebut dengan Arachibutyrophobia. Arachibutyrophobia adalah ketakutan akan selai kacang yang menempel di langit-langit mulut dan membuat pengunyahnya tersedak.

 

Coklat Panas Sudah Ada Sejak Peradaban Maya

Mungkin banyak yang mengira bahwa resep coklat panas sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Namun, coklat panas ternyata sudah ditemukan jauh sebelum manusia mengenal peradaban modern. Minuman hangat favorit banyak orang ini ternyata sudah dari sejak jaman peradaban Maya dan Aztec.  Cokelat panas ini biasanya digunakan untuk upacara keagamaan, termasuk perayaan dan pernikahan.

 

Kantong Teh Ditemukan Secara Tidak Sengaja

Meskipun orang Inggris terkenal dengan obsesi mereka dengan teh, ternyata orang Amerika-lah yang akhirnya merevolusi minuman berdaun tersebut. Warga New York Thomas Sullivan diberikan sebuah penghargaan dengan temuannya yaitu kantong teh. Dikatakan bahwa dia mengirim sampel produk teh yang dimasukan ke dalam kantong sutra, namun orang-orang mengira bahwa produk teh tersebut bisa langsung dilemparkan ke dalam teko. Itulah asal darimana kantong teh muncul.

 

Pretzel Dulunya Merupakan Simbol Cinta

Selama abad ke-17, kue pretzel disebut sebagai lambang dari cinta yang abadi. Menurut cerita, pada tahun 1614 pasangan kerajaan Swiss menggunakan pretzel dalam pernikahan mereka untuk menyegel ikatan mereka, dan beberapa sejarawan percaya dari sinilah pepatah “tying the knot” atau disebut dengan “mengikat sumpah” berasal.

 

Permen Kapas Diciptakan oleh Seorang Dokter Gigi

 

Meskipun kontras dengan profesi penemu makanan manis ini,  permen kapas ditemukan pada tahun 1897 oleh seorang dokter gigi. Dia bermitra dengan pembuat manisan, dan mereka membuat permen kapas, yang pada saat itu disebut “fairy floss”. Akhirnya, dokter gigi lain menciptakan mesin pembuat benang gula serupa pada tahun 1921 dan menyebutnya sebagai “permen kapas”, yang lebih terkenal dari nama sebelumnya.

Share :