April 29, 2021

Menilik Super, Social E-Commerce Indonesia Untuk Kehidupan Yang Lebih Adil


Angin segar kembali berhembus ke dalam industri e-commerce Indonesia. Super, platform social e-commerce terkemuka di Indonesia, yang telah melayani kota-kota lapis kedua dan ketiga serta daerah pedesaan di Indonesia, mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan US$28 million oversubscribed Series B round yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Asia. Investor yang kembali termasuk Amasia, Insignia Ventures Partners, Y-Combinator Continuity Fund, dan Co-Chairman Bain Capital dan Co-Owner Boston Celtics Stephen Pagliuca, termasuk investor baru yaitu Mitra DST Global dan TNB Aura.

Putaran ini mengikuti oversubscribed $ 7M Seri A sebelumnya yang dipimpin oleh Amasia, diikuti oleh Y- Combinator, B Capital, Insignia Ventures Partners, Alpha JWC Ventures, grup FMCG Indonesia UNIFAM, Managing Director Bank Dunia Mari Elka Pangestu, dan Arrival, a Roc Nation perusahaan, manajemen layanan lengkap, penerbitan musik, dan perusahaan hiburan yang didirikan oleh JAY-Z. Sejak awal, perusahaan baru ini telah mengumpulkan lebih dari US $ 36 juta, menjadikan Super sebagai perusahaan social e-commerce Indonesia yang paling banyak didanai hingga saat ini.

Sebagai perusahaan teknologi konsumen Indonesia pertama yang lulus Y-Combinator, misi Super adalah memungkinkan akses yang adil untuk semua. “Harga barang di kota lapis kedua dan ketiga bisa sampai 200% lebih tinggi dari harga barang yang sama di Jakarta. Tetapi daya beli di daerah yang lebih terpencil ini biasanya hanya sebagian kecil dari yang ada di ibu kota kami, ”kata CEO dan Pendiri Bersama Steven Wongsoredjo, penerima penghargaan Forbes 30 under 30 tahun 2019. “Berasal dari bisnis keluarga yang melayani industri ritel di daerah yang lebih terpencil ini, saya menyadari masalah ini sejak usia muda. Rasanya sangat tidak adil bahwa seorang ibu di pedesaan Indonesia hanya dapat membeli satu cangkir susu dengan satu dolar AS, sementara dolar yang sama itu dapat membelikan Anda 2 atau 3 cangkir di Jakarta. Kami ingin memberikan harga yang adil bagi warga di mana saja. Itulah yang memotivasi kami dalam menyiapkan platform Super ini”

Super saat ini telah beroperasi di 17 kota di wilayah Jawa Timur Indonesia dan telah memiliki ribuan agen untuk mendistribusikan barang senilai jutaan dolar ke komunitas mereka setiap bulannya. Berencana untuk ekspansi bisnis ke provinsi lainnya, Super yang saat ini fokus di dalam produk FMCG juga akan memperluas jangkauan produknya disertai dengan pengembangan label terbarunya yang bernama “Super Eats”

 

Share :