October 16, 2020

Potret Karya Sandro Botticelli “Young Man Holding a Roundel” Akan Dilelang Pada Januari Mendatang

Potret bersejarah karya pelukis legendaris asal Italia, Sandro Botticelli berjudul “Young Man Holding a Roundel” siap dilelang pada acara Sotheby’s Masters Week di New York pada Januari 2021 mendatang.

by Diella Yasmin

Young Man Holding a Roundel karya Sandro Botticelli. Foto dok: Sotheby’s

Pelukis Italia Sandro Botticelli adalah salah satu seniman terhebat di awal Renaisans. Setelah dilatih dalam lokakarya Filippo Lippi dan Andrea del Verrocchio, Botticelli adalah ahli teknik perspektif dan foreshortening; Dia juga memiliki rasa desain arsitektur dan anatomi yang tajam.

Bagi kamu pecinta seni tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebuah lukisan seorang wanita yang berdiri di atas kerrang berlatar pantai dan dikelilingi oleh dewa-dewi. Ya, lukisan tersebut merupakan salah satu karya Sandro Botticelli yang sangat terkenal berjudul “The Birth of Venus” yang saat ini bertempat di Galeri Uffizi yang terkenal di dunia di Florence.

The Birth of Venus karya Sandro Botticelli. Foto dok: art.com

Selain dua lukisan ikoniknya, “The Birth of Venus” dan “Primavera”, lukisannya yang berjudul “Young Man Holding a Roundel” merupakan sebuah koleksi dari Lord Newborough di Caernarfon di Wales pada tahun 1930-an. Lukisan ini juga diyakini telah dibeli oleh leluhurnya, Sir Thomas Wynn, Lord Newborough pertama, saat ia tinggal di Tuscany.

Beberapa ahli mengatakan bahwa wajah pada lukisan Botticelli tersebut merupakan sebuah representasi kecantikan Renaisans. Sementara rambut belah tengah yang panjang bergelombang merupakan simbol tren mode pada era

tersebut. Tunik berwarna ungu tua yang dikenakan juga melambangkan kehormatan dan kekayaan karena pada era tersebut warna ungu merupakan warna yang sangat sulit dibuat untuk sebuah pakaian.

Sandro Botticelli. Foto dok: nationalgallery.co.uk

Lukisan ini pun digadang akan menjadi ghighlight rangkaian penjualan tahunan Sotheby’s Masters Week di New York pada Januari 2021. Karya tersebut diperkirakan terjual lebih dari 80 juta dolar AS atau setara dengan Rp, yang akan menghasilkan dalam sejarah pasar seni sebagai salah satu potret paling signifikan yang pernah muncul di pelelangan bersama Portrait of Adele Bloch-Bauer II karya Gustav Klimt (dijual pada 2006 seharga 87,9 juta dolar AS dan Portrait of Dr Gachet karya Van Gogh ( dijual pada tahun 1990 seharga 82,5 juta dolar AS).

Share :