July 29, 2021

Tidak Perlu Keluar Rumah, Inilah 5 Cara Untuk Menenangkan Perut yang Sakit

Mengalami sakit perut menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih ketika sedang melakukan meeting online yang tidak bisa ditinggal. Tingkat stress yang tinggi, kecemasan yang berlebihan, serta konstipasi menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada perut dan meninggalkan rasa yang tidak nyaman. Di tengah pandemi ini, pengobatan rumahan menjadi alternatif terbaik bagi mereka yang menghindari untuk pergi keluar dari rumah. Berikut adalah 5 pengobatan alami yang mampu meredam rasa sakit dan menenangkan perut.

by Hesikios Kevin

 

Ramuan Jahe

Jahe menjadi salah satu obat alami yang telah digunakan oleh orang kuno asli India dan Cina diperkirakan telah menggunakan dan meracik jahe untuk mengobati penyakit perut mereka sejak 5000 tahun yang lalu. Senyawa dalam ahe dapat membantu mengatasi sakit perut karena berfungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk meredakan serta mencegah mual dan muntah. Jahe dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti mencampurkan jahe dengan minuman teh hangat ataupun mengkonsumsi supplemen yang mengandung jahe di dalamnya.

 

Peppermint

Peppermint berfungsi memberikan kelegaan dari sakit perut maupun kembung. Ini karena dua bahan utama dalam peppermint – mentol dan metil salisilat – memiliki sifat antispasmodik, yang berarti mereka meredakan kejang, seperti yang mungkin dialami penderita IBS. Dalam studi meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2019 di BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti meninjau 12 studi dengan total sebanyak 835 peserta. Studi tersebut menemukan bahwa kapsul yang berisikan minyak peppermint lebih efektif dalam meredakan gejala sakit perut dibanding plasebo, dengan risiko efek samping yang rendah.

 

Menghangatkan Perut

Menggunakan bantal pemanas atau botol air panas dapat membantu meringankan sakit perut pasien. Sebelum memanaskan perut dengan kedua benda tersebut, pastikan ada penghalang antara kulit Anda dengan alat pemanas untuk menghindari terjadinya luka bakar. Berbaringlah dalam posisi yang nyaman lalu letakkan di perut bagian atas atau bawah, atau di titik perut yang mengalami rasa sakit. Panas yang dihasilkan bertindak sebagai pelemas otot untuk otot-otot di perut sehingga membantu meredakan rasa sakit yang dihasilkan karena kram otot dan kembung, terlebih kepada rasa  sakit yang muncul dari stres dan kecemasan yang berlebihan. Selain itu, jika sakit perut Anda disebabkan oleh kram menstruasi, bantal pemanas juga menjadi alternatif yang bagus.

 

Tetap Terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh yang dapat mengganggu fungsi normal tubuh dan  memicu serangkaian gejala termasuk sakit perut. Sakit seperti diare ataupun muntah yang terjadi karena sakit perut dapat memperburuk dehidrasi. Namun, apabila rasa sakit tersebut berasal dari kekurangan cairan tubuh, pastikan tubuh untuk mendapatkan cukup cairan dalam pola makan yang sedang dijalankan.

 

Mengkonsumsi Racikan Cuka Apel dengan Takaran yang Tidak Berlebihan

Jika seseorang sedang mengalami sakit perut yang disebabkan oleh gas atau gangguan pencernaan, penggunaan cuka apel dapat membantu meringankan sakit di pencernaan. Dilansir dari insider.com, salah satu resep untuk meracik minuman cuka apel adalah dengan mencampurkan satu cangkir air hangat dengan satu sendok makan cuka apel dan satu sendok makan madu. Mengambil cuka sari apel saja tanpa diencerkan sangat tidak dianjurkan karena tingkat keasamannya yang dapat mengiritasi tenggorokan dan merusak enamel gigi. Terlebih lagi, mencampurnya dengan air dan madu bisa membuat rasa cuka lebih enak dan tidak asam. Perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi racikan minuman cuka apel secara berlebihan karena bisa menyebabkan adanya gangguan pada fungsi perut.

Share :