April 12, 2020

5 Buah yang Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Mencegah COVID-19

Tingkatkan sistem imun tubuh dengan mengkonsumsi 5 buah di bawah ini. Cek selengkapnya di sini.

Di tengah merebaknya wabah COVID-19, sistem kekebalan tubuh tentu menjadi senjata perang utama dalam melawan masuknya virus ini ke dalam tubuh. Namun, untuk mendapatkan sistem imun yang kuat turut diperlukan asupan makanan penambah sistem imun yang seimbang dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Secara vitamin C merupakan satu zat penambah sistem imun terbesar bagi tubuh manusia. Namun dikarenakan vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, setiap harinya manusia perlu mengkonsumsi cukup makanan vitamin C agar daya tahan tubuh terjaga. Seperti contoh 5 buah di bawah ini yang ditaksir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Penasaran apa saja? Cari tahu jawabannya di sini.

1/5 Jeruk 

Foto: Dok. Pixnio

Buah pertama yang muncul di benak saat membicarakan vitamin C tentu adalah jeruk. Vitamin C yang dimiliki oleh jeruk tentu sangat diperlukan tubuh untuk menangkal masuknya zat-zat jahat yang bisa membuat tubuh gampang terpapar virus. Ditaksir dalam 100 gram buah jeruk, terdapat 53 mg vitamin C. Lalu, tidak hanya spesifik ada dalam satu jenis jeruk, namun hampir semua jenis seperti jeruk nipis, lemon, ataupun mandarin.

 

2/5 Stroberi 

Foto: Dok. Flickr

Memiliki kandungan vitamin C sebanyak 58 mg setiap 100 gram, Stroberi dapat meningkatkan sistem imun yang nantinya akan menjadi pelindung tubuh saat menghadapi virus dan radikal jahat. Namun tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang kuat, stroberi juga mengandung fiber yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan antioksidan yang bisa menangkal zat radikal penyebab kanker.

 

3/5 Pepaya

Foto: Dok. Flickr

Dikenal sebagai buah yang dapat melancarkan saluran pencernaan, pepaya ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. 100 gram buah pepaya ditaksir memiliki kurang lebih 69 mg vitamin C, lebih tinggi daripada jeruk dan stroberi. Namun tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C, daging buah pepaya juga penuh dengan vitamin A yang bisa membuat kulit dan mata menjadi sehat.

 

4/5 Kiwi 

Foto: Dok. Pixabay

Buah khas Selandia Baru, Kiwi memiliki kandungan nutrisi yang banyak termasuk vitamin C. Ditaksir dalam porsi 100 gram kiwi terdapat 92.7 mg vitamin C, yang membuat buah ini memiliki kandungan vitamin C 2 kali lebih banyak dari jeruk. Oleh karena itu, kiwi menjadi satu buah yang wajib dikonsumsi di saat penularan virus COVID-19 yang semakin merebak ini.

 

5/5 Jambu Biji Merah 

Foto: Dok. Flickr

Terakhir ada jambu biji merah. Tidak disangka-sangka, jambu biji memiliki kandungan vitamin C tertinggi dari semua buah di atas. Dilansir dari data Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), setiap 100 gram jambu biji terkandung 228,3 mg vitamin C. Sehingga tidak heran jika buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat mencegah dan masa pemulihan dari penyakit.

 

 

Sumber : https://indonesiatatler.com/wellness/5-buah-penambah-sistem-imun-tubuh

Share :