November 26, 2021

5 Lapangan Golf Terindah di Indonesia

Selain destinasi wisata, Indonesia juga menawarkan berbagai tempat-tempat menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah lapangan golf. Berlatarkan pemandangan menakjubkan, kelima lapangan ini juga didesain oleh berbagai pegolf ternama dunia dan menawarkan berbagai fasilitas kelas atas yang memenuhi segala kebutuhan pengunjung. Dari Bogor, Pasuruan, Bali hingga Bintan, berikut 5 lapangan golf terindah di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

by Mobiliari Team

 

Rancamaya Golf And Country Club

Bagi kamu para pecinta golf, Rancamaya Golf And Country Club yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Didesain oleh seorang arsitek lapangan golf internasional ternama, Ted Robinson, golf course ini disulap menjadi sebuah lapangan kejuaraan dan begitu menyenangkan untuk dimainkan. Berfokus pada tiga elemen utama: fleksibilitas, daya ingat, dan keindahan alam, Rancamaya dikelilingi oleh serangkaian danau dengan air mengalir yang memberikan ketenangan serta kemegahan.

Bagi para pegolf yang menyukai tantangan, padang golf ini juga dilengkapi dengan 18 tantangan terpisah yang membutuhkan berbagai pukulan untuk mencetak gol secara efektif. Dengan kata lain, setiap hole yang ada di tempat ini akan memberikan kesan menarik serta menantang pada setiap levelnya.

Berdiri di atas lahan seluas 6,931 yard, Rancamaya juga memiliki medan yang landai dengan pemandangan Gunung Salak yang menakjubkan. Tidak hanya itu saja, golf course ini juga diakui oleh Asia Pacific Property Awards sebagai Lapangan Golf Terbaik di Indonesia dan Klub Golf No.1 di Asia Tenggara pada tahun 2011. Setahun setelahnya, Rancamaya juga diakui oleh lembaga bergengsi yang sama sebagai Arsitektur Lansekap Sangat Terpuji di Indonesia.

Berbagai fasilitas juga tersedia, terlebih bagi kamu yang memiliki membership, seperti menginap di R Hotel Rancamaya, berkeliling lapangan dengan golf cart, memanjakan diri di spa, menggelar pernikahan, akses ke swimming pool serta bersantap hidangan kelas internasional di the 19th Hole Restraurant.

 

Taman Dayu Golf Club and Resort

Berlatarkan pemandangan Gunung Arjuno, Semeru dan Welirang, Taman Dayu Golf Club & Resort menawarkan pengalaman bermain golf yang memukau. Dilengkapi dengan fasilitas holes championship golf club yang dirancang oleh Jack Nicklaus, lapangan ini juga memiliki area untuk berkegiatan outbond dan kemah.

Taman Dayu menawarkan padang golf kualitas kejuaraan 18 hole, par 72, sepanjang 6,514m, dirancang dan diawasi oleh Jack Nicklaus, “legenda hidup” golf, pemegang 20 kemenangan Turnamen PGA Utama selama karirnya sebagai pemain dan sekarang menjadi dunia terkenal hasil karya dalam merancang Arsitek Padang Golf. Tidak hanya itu saja, ia juga membuat jalur untuk merancang pemandangan dramatis yang jalurnya diarahkan melalui pemandangan lereng bukit yang berangin semilir, lembah yang dalam dan aliran drainase dengan pegunungan vulkanik sebagai latar belakang yang indah.

Pada 2005 lapangan golf ini meraih predikat sebagai “The Best Golf Course in Asia” dari majalah Golf Digest. Selain itu, Taman Dayu Golf Club juga mendapat peringkat ke-50 sebagai lapangan golf terbaik di luar Amerika Serikat.

 

Ria Bintan Golf Club

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ria Bintan Golf Club (@ria.bintan)

Terletak di sebelah utara Pulau Bintan, Kepulauan Riau, terdapat sebuah padang golf yang menawarkan nuansa tropis yang memukau. Di lokasi ini, para pemain dapat melakukan aktivitas olahraga sambil ditemani dengan suara monyet yang saling bersautan. Berlatarkan pemandangan hutan tropis yang hijau bak permadani dengan suara deburan ombak Laut Cina Selatan, Ria Bintan Golf Club masih berada di dalam kawasan Ria Bintan Resort.

Didominasi oleh padang rumput dan danau buatan, keindahan yang ditampilkan adalah hasil rancangan pemain gold profesional asal Afrika Selatan, Gery Player. Saking indahnya, lapangan ini juga berhasil menyabet berbagai penghargaan seperti Lapangan Golf Terbaik di Asia Tenggara dan masuk ke dalam 100 Top Lapangan Golf Terbaik Sedunia berdasarkan peringkat Golf Digest.

Lapangan golf dengan 27 holes championship ini memiliki keunikan tersendiri pada dua tema lapangan yang disediakan. Holes tersebut juga terbagi atas dua bagian. Sembilan holes pertama bertemakan Flores Course yang terbentang sejauh 2.978 meter dan menawarkan sensasi bermain golf di tengah hutan yang dipadukan dengan danau buatan di sekitarnya. Sementara, 18 holes lainnya bertemakan Ocean Course, menyuguhkan pemandangan bebatuan dengan latar belakang Laut Cina Selatan yang begitu indah dan menawan. Terbentang sepanjang 6.470 meter dari tee hitam.

Lapangan golf ini juga memiliki fasilitas lengkap, di antaranya Club Med Ria Bintan dengan 302 kamar di sisi pantai dan Ria Golf Lodge yang menawarkan 28 kamar modern serta Restoran Bandar Ria di clubhouse yang menawarkan beragam masakan Asia dan Barat.

 

Bali National Golf Club

Terletak di The MAJ Nusa Dua, Bali National Golf merupakan kompleks pariwisata yang menawarkan sejumlah hotel berbintang, pusat konvensi, pusat perbelanjaan, museum dan restoran. Di tempat ini pula, para pecinta golf bisa menikmati permainan bersama dengan teman, keluarga maupun teman seprofesional.

Mengusung konsep alam, Bali National Golf Club juga telah menerima berbagai penghargaan bergengsi seperti Lapangan Golf Terbaik di Indonesia 2018 oleh Asian Golf Awards, Resort Golf Terbaik ke-2 di Asia Pasifik 2018, Runner-up Resor Golf Terbaik di Asia Pasifik 2019 oleh Asian Golf Awards dan masih banyak lagi.

Lapangan ini juga memiliki 18 holes serta satu-satunya lapangan golf yang menyediakan pelatihan golf terbaik bagi pemula dan dibimbing bersama Ancora Institutenya. Dilengkapi dengan tiga jenis lingkungan bermain yang tersebar diantara jalur holes-nya, lubang 1 hingga 9 berlatarkan aliran sungai, ngarai serta vegetasi alami lengkap dengan burung-burung tropis. Sedangkan holes 10 hingga 16 berlatarkan hutan lebat yang menenangkan dan menakjubkan.

 

Parahyangan Golf Bandung 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Parahyangan Golf (@parahyangangolf)

Dengan desain landscape yang memukau, Parahyangan Golf Bandung memberikan sebuah pengalaman dan tantangan baru bagi para pencinta golf. Berdiri di atas lahan seluas 100 hektare dengan ketinggian 650 mdpl, lapangan ini memiliki 18 hole championship serta lanskap unik yang tidak dapat ditemukan di lapangan golf lainnya.

Dirancang oleh arsitek lapangan golf ternama Bob Moore dari JMP Golf Design Group, Amerika Serikat, Parahyangan Golf Bandung juga menerima penghargaan prestisius dari Global Golf Awards 2020 sebagai “Best Course in Indonesia” dan runner up pertama kategori “Best Golf Club Experience in Asia Pacific“.

Selain itu, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan menghadap ke gunung yang indah, danau yang luas, perbukitan hijau, dan tantangan berbeda di setiap lubangnya.

 

 

 

Share :