September 18, 2020

5 Tanaman Hias yang Wajib Ada di Kamar Kamu

Tidak bisa dipungkiri jika polusi udara semakin meningkat semakin berjalannya waktu dan membawa banyak senyawa yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Sebut saja beberapa zat berbahaya seperti  formaldehyde (ditemukan pada produk rumahan seperti tisu dan bahan bangunan), benzene (unsur yang digunakan untuk membuat plastikdetergen, hingga pestisida), xylene (umum ditemukan dalam industri percetakan dan cat), trichlorethylene (ditemukan dalam perekat dan penghilang cat), dan ammonia (umumnya ditemukan dalam pembersih kaca).

Sehubungan dengan hal ini, National Aeronautics and Space Administration (NASA) pun pernah melakukan penelitian untuk mengetahui tanaman hias apa saja yang paling efektif untuk membersihkan udara. Berikut ulasannya.

by Zelisa Mulyani

1/5 Spider plant

Spider plant atau Chlorophytum comosum umumnya dapat dengan mudah ditemukan. Biasa digunakan untuk menghiasi sudut rumah dan balkon, maupun jendela, Spider plant juga dikenal sebagai salah satu tanaman terbaik untuk membersihkan udara. Berdasarkan penelitian NASA, tanaman ini dipercaya dapat membersihkan 95% dari udara beracun seperti formaldehyde.

2/5 Sirih Gading

Sirih gading, atau juga dikenal dengan nama devil’s ivy (Epipremnum aureum), merupakan salah satu tanaman hias populer untuk mendekorasi interior rumah. Tidak hanya dapat menyegarkan mata, tanaman sirih gading pun juga mampu membersihkan udara dari benzeneformaldehyde, serta xylene. Namun, jika kamu memiliki hewan peliharan, usahakan untuk meletakkan tanaman ini jauh dari jangkauan. Hasil riset dari American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menyebutkan jika tanaman ini dapat berbahaya bagi kucing dan anjing.

3/5 Pakis Boston 

Selanjutnya, tanaman hias yang disebut ampuh membersihkan udara adalah pakis boston atau boston fern (Nephrolepis exaltata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman pakis boston merupakan salah satu yang ampuh dalam membersihkan udara dari formaldehyde dan xylene. Selain itu, tanaman ini juga cukup populer dan kerap dijumpai dalam ruangan sebagai tanaman gantung atas penampilannya yang menyegarkan dan mudah dirawat.

4/5 Bamboo palm

Tanaman hias bamboo palm (Chamaedorea seifrizii) tentu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Struktur tanaman yang tinggi dengan dedaunan yang panjang menciptakan nuansa yang segar dan rindang bagi interior ruangan, sehingga tidak heran jika tanaman ini umum ditemui di mana saja, seperti di dalam gedung maupun rumah. Ditambah kemampuannya untuk menghilangkan unsur berbahaya seperti misalnya formaldehyde dan xylene, tanaman ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi rumahmu.

5/5 Peace lily

Dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang paling ampuh untuk membersihkan udara, peace lily (Spathiphyllum ‘Mauna Loa’) atau juga dikenal sebagai lili perdamaian, dapat menjadi pilihan terbaikmu untuk mendapatkan udara yang bersih di rumahmu sendiri. Hasil penelitian NASA mengungkapkan jika spesies tanaman ini dapat membersihkan benzeneformaldehydetrichloroethylenexylene, and ammonia dari udara. Selain itu, tanaman ini memiliki bunga yang indah dan elegan, cocok untuk mempercantik dan melengkapi desain interior rumahmu. Namun, sama seperti devil’s ivy atau sirih gading, tanaman ini juga dikenal beracun bagi hewan peliharan.

Share :