October 30, 2021

5 Tempat Berhantu di Dunia untuk Kamu Kunjungi Saat Halloween

Perayaan tahunan Halloween menjadi salah satu hal yang paling ditunggu di bulan ini. Namun, karena pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, Halloween dirayakan dengan cara yang cukup berbeda tahun ini. Walaupun tidak ada lagi kerumunan anak-anak berkostum lucu yang meneriakan “Tricks or Treats”, acara ini dimeriahkan dengan berbagai program menarik yang bisa dilakukan dari rumah. Salah satunya adalah berkunjung ke tempat-tempat seram untuk menguji adrenalin. Mulai dari tempat horor legendaris Lawang Sewu sampai dengan kota berhantu di California, berikut ulasannya. Happy Halloween! 

by Hesikios Kevin

 

Lawang Sewu, Semarang

Menjadi salah satu tempat terseram di Indonesia, Lawang Sewu tetap menjadi tempat beraura mistis yang tetap terkenal sampai saat ini. Terletak di kota Semarang, bangunan ikonik tersebut dibangun selama masa penjajahan Belanda pada awal 1900-an. Lokasi tersebut awalnya dibangun sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) hingga awal 1940-an. Namun, hal yang menyeramkan adalah ruang bawah tanahnya. Tempat tersebut berfungsi sebagai penjara sekaligus tempat siksaan terkejam bagi para tahanan di masa itu. Lawang Sewu juga menjadi medan perang antara pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Kempetai dan Kidobutai dalam peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang, yang berlangsung dari tanggal 14 Oktober sampai 19 Oktober 1945. Hal inilah yang menyebabkan mengapa tempat historikal ini memiliki aura mistis yang sangat kuat yang membuat banyak masyarakat dan wisatawan luar yang sering melihat berbagai penampakan gaib. 

 

 Crescent Hotel, Eureka Springs, Arkansas

Walaupun menjadi salah satu hotel berhantu di Arkansas, The Crescent Hotel di Eureka Springs tersebut justru membanggakan predikatnya tersebut. Dengan predikat tersebut, team management ternyata menambahkan program uji nyali untuk para wisatawan yang menginginkan perjalanan beradrenalin tinggi. Di sini, para tamu dapat berpartisipasi dalam tur hantu dan berpotensi melihat sekilas beberapa hantu yang dilaporkan sering mengunjungi properti tersebut, termasuk yang dikenal sebagai “gadis dalam kabut”.

 

Kota Bodie, California

Terletak hampir 8.400 kaki di atas Bukit Bodie di Mono County, California, Kota Bodie menjadi salah satu tempat di California yang terkenal dengan kutukannya. Walaupun sudah dinamakan kembali menjadi Bodie State Historic Park, tempat yang merupakan rumah dari 10,000 orang ini dibiarkan seperti dahulu kala tanpa adanya perbaikan ataupun renovasi untuk mempertahankan predikatnya sebagai kota hantu, termasuk barang-barang dari pemilik lamanya. 

 

Dahulunya tempat ini sangat terkenal berkat tambang emasnya. Pertumbuhan kota ini pun terbilang sangat massive. Pada tahun 1879 hingga 1880, populasi Bodie melonjak 40 hingga 50 setiap hari sehingga mengakibatkan terjadinya kelaparan dan kekurangan bahan pangan, karena wilayah tersebut difokuskan untuk penambangan emas. Perampokan dan pembunuhan pun menjadi hal yang biasa didengar oleh warga sekitar. Setelah tambang emas dikeruk habis, perlahan-lahan warga meninggalkan kota tersebut sampai populasinya menjadi 0. 

 

Setelah sekian lama menjadi kota tanpa penghuni, banyak warga yang mengambil barang-barang sekitar kota tersebut. Namun, apapun yang mereka bawa dari kota tersebut ternyata mendatangkan kesialan. Dari situlah muncul isu bahwa siapapun yang mengambil barang tersebut, akan terkena kesialan yang cukup berat sampai orang tersebut mengembalikannya ke tempat semula. 

 

St. Elmo, Colorado

St. Elmo, Colorado, adalah kota pertambangan yang berkembang pesat di akhir 1800-an, meskipun akhirnya ditinggalkan begitu tambang di daerah tersebut ditutup.

 

Berbeda dengan Bodie, kota hantu ini terpelihara dengan baik, sehingga mendatangkan para pengunjung yang ingin merasakan kembali suasana kehidupan di akhir abad ke-19. Disebutkan bahwa beberapa pengunjung juga melihat sekilas hantu para penduduk yang dulu. Salah satu hantu yang terkenal adalah Annabelle Stark, seorang hantu wanita dari St. Elmo yang terus tinggal di sana bahkan setelah kota itu sepenuhnya ditinggalkan.

 

Congress Plaza Hotel, Chicago

Congress Plaza Hotel di Chicago, Illinois, memiliki banyak cerita hantu yang sering dibagikan oleh para pengunjungnya. Hotel ini dibangun untuk Pameran Dunia pada tahun 1893, dan sejak saat itu muncullah sebuah cerita yang berhubungan dengan aktivitas paranormal yang terkadang sering dirasakan oleh para tamu.

 

Salah satu contohnya adalah cerita pembunuh berantai H.H. Holmes yang sering memikat dan membunuh korbannya di hotel tersebut. Tamu hotel juga melaporkan melihat hantu Al Capone dan Presiden Theodore Roosevelt di sekitar area hotel tersebut.

 

Tidak hanya itu, hotel ini juga menjadi inspirasi di balik cerita pendek Stephen King, “1408.”

 

Share :