September 21, 2020

5 Tipe Ras Anjing yang Tidak Terlalu Memerlukan Banyak Ruang

Anjing menjadi salah satu peliharaan favorit banyak orang. Tidak hanya itu, salah satu hewan yang setia ini memiliki berbagai macam jenis ras; mulai dari pug sampai dengan shiba inu. Namun, ketika berkeinginan untuk mengadopsi anjing baik dari shelter maupun diberikan oleh seseorang, pastikan gaya hidup yang dijalankan sesuai dengan jenis hewan peliharaan yang akan dipelihara nantinya. Beberapa membutuhkan ruang yang cukup besar karena keaktifannya, namun beberapa tidak memerlukan tempat yang besar untuk merasa nyaman. Dilansir dari insider.com, berikut beberapa ras anjing yang tidak terganggu dengan area terbatas untuk berlarian.

by Hesikios Kevin

1/5 Yorkshire Terriers

Memiliki ukuran yang lebih kecil, kebanyakan Yorkshire terrier hanya membutuhkan sekitar 15 menit latihan sehari. Seorang vet bernama Jo Woodnut menjelaskan bahwa dikarenakan rata-rata berat mereka dibawah 10 kg, jenis anjing ini menyukai tempat yang minimalis. “Seekor yorkie akan senang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan akses gratis ke halaman kecil sehingga dapat berkeliaran, karena mereka sangat mandiri. Seperti semua anjing, mereka perlu berolahraga, tetapi banyak terrier Yorkshire kecil akan senang dengan 10 atau 15 menit sehari” katanya.

2/5 Bichon Frise

Anjing yang terkenal dengan bulunya yang lebat dan pendiam ini sangat layak disebut sebagai “anjing kota” yang hebat karena ukurannya yang kecil, tidak terlalu haus untuk berolahraga, dan kecenderungannya untuk bergaul dan berkenalan dengan orang lain. Dengan ukuran yang tidak melebihi 12 inci, mereka dikenal sebagai salah satu anjing berbulu lebat yang jarang rontok. Dengan begitu, sang pemilik tidak akan terus-menerus membersihkan bulu-bulu yang berserakan di ruangan kecil selama dirawat secara benar dan teratur.

3/5 Chihuahuas

Kecil, lincah, dan kelakuannya yang aktif menjadikan anjing kecil ini sebagai salah satu teman favorit bermain di rumah. Sara Ochoa, seorang dokter hewan dan konsultan kedokteran hewan untuk Dog Lab mengatakan bahwa anjing kecil ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk bahagia. “Jenis ras ini tidak terlalu suka berjalan-jalan atau membutuhkan banyak olahraga. Chihuahua lebih suka menghabiskan sepanjang hari tidur di sofa atau duduk sambil menikmati aktivitasnya di dalam. Ini akan menjadi ras yang bagus bagi mereka yang tinggal apartemen kecil di kota besar,” kata Ochoa. Terlebih lagi, chihuahua dapat dilatih untuk mengeluarkan hajat dengan menggunakan bantalan kencing atau petak rumput sintetis di balkon, menjadikannya anjing yang sangat ideal bagi mereka yang memiliki akses terbatas ke luar ruangan.

4/5 Pug

Dengan wajahnya yang menggemaskan, pug menjadi salah satu anjing yang sempurna untuk dipelihara di tempat yang kecil. Jenis anjing ini dikenal sebagai anjing rumahan yang sangat baik karena ukurannya yang kecil, sikapnya yang tenang dan malas, dan cenderung lebih memilih tidur dibanding berolahraga. Dibalik besarnya cinta sang anjing kepada pemiliknya, pug tetap memerlukan sedikit ruang untuk berlarian karena mereka hanya memerlukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki singkat setiap hari.

5/5 Japanese Chin Pups

Anjing yang memiliki bulu lebat dan puppy eyes yang memabukkan ini mempunyai awal sejarah yang menarik. Dahulu, anjing ras ini dibiakkan sebagai anjing pendamping untuk bangsawan karena memiliki penampilan yang khas, terlihat mewah, dan tidak terlalu banyak pemeliharaan. Tidak seperti kebanyakan anjing pada umumnya, jenis ras ini memiliki sebagian dari sifat kucing; tidak suka berjalan-jalan atau diajak aktif bermain. Lebih suka dipangku sembari dielus, anjing rumahan ini jarang tumbuh lebih dari 11 pound, dengan tinggi antara 8 sampai dengan 11 inci dikutip dari American Kennel Club.

 

Share :