November 01, 2021

Nikmati Keindahan Papua di 5 Spot Wisata Ini

Tak hanya Raja Ampat, Papua juga memiliki berbagai destinasi wisata menakjubkan yang menunggu untuk dieksplorasi. Jika kamu sedang berencana untuk menghabiskan akhir tahun dan ingin mendekatkan diri dengan alam, berikut lima spot wisata indah papua yang harus kamu kunjungi.

by Mobiliari Team

 

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

1.jpg

Foto dok: rimbakita.com

 

Berbicara mengenai keindahan alam Papua dan berbagai spot destinasi menakjubkan, Taman Nasional Teluk Cendrawasih menjadi salah satu yang wajib dikunjungi. Terbentang seluas 1.453.500 hektar, taman yang dinobatkan menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia ini melingkupi hampir 90 persen perairan. Di sini, pengunjung dapat menjumpai 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan di alam bawah lautnya. Tak jarang jika kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba juga akan ikut menemanimu saat menyelam.

Selain keindahan bawah laut, para traveler juga dapat menjelajahi pulau-pulaunya. Pulau Mioswaar yang berada di taman nasional ini, memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang serta pemandangan yang menakjubkan. Tidak hanya itu, berbagai pulau lainnya yang wajib masuk ke dalam itinerary-mu adalah Pulau Numfor dan Pulau Nusrowi.

Untuk pengalaman berlibur yang menyenangkan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke teluk Kwatisore di mana para nelayan akan memancing dan membagikan hasil pancingannya kepada hiu paus. Pada momen ini, kamu dapat secara dekat melihat hewan indah ini.

Fakta uniknya, secara administratif, tempat ini berada di kedua kabupaten yaitu Wondama dan Nabire serta menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan LSM dalam maupun luar negeri.

 

Lembah Baliem

2.jpg

Foto dok: superadventure.co.id

 

Terletak di sekitar Pegunungan Jyawijaya, Lembah Baliem merupakan rumah bagi suku Dani, Yali dan Lani. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas perkukaan laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Selain pemandangan alam yang indah, para traveler juga dapat berinteraksi langsung dan merasakan langsung kehidupan suku asli Papua yang masih memakai pakaian tradisional mereka.

Bulan terbaik untuk mengunjungi Lembah Baliem adalah di bulan Agustus di mana akan digelar acara tahunan yang dikenal dengan Festival Lembah Baliem. Festival ini sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang kerap terjadi di daerah ini. Festival ini juga menjadi salah satu acara terbesar yang menarik berbagai traveler dari seluruh dunia.

 

Desa Wisata Sauwandarek

3.jpg

Foto dok: wisatasuwandare.wordpress.com

Tempat selanjutnya yang wajib masuk ke dalam daftar liburanmu adalah Desa Wisata Suwandarek. Jika di Lembah Baliem kamu dapat berinteraksi dengan suku asli pegunungan, di sini kamu dapat berinteraksi langsung dengan suku asli pesisir. Desa Sauwandarek masih berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, tepatnya di Meos Mansar. Di sini, kamu dapat melihart berbagai rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan beratapkan Jerami.

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan di sini adalah menyelam dan snorkeling serta trekking ke telaga unik bernama Yenauyaw. Dikatakan unik karena air telaga ini merupakan air asin dan bukan air tawar seperti telaga pada umumnya. Menurut warga sekitar, di telaga ini dihuni oleh seekor penyu putih dan jika ada yang melihatnya maka akan mendapatkan keberuntungan.

 

Danau Paniai

ddea2aba-c5e3-4bc1-9d59-436271d21a91.jpg

Foto dok: greatnesia.com

 

Tidak kalah menarik dari Danau Sentani yang ikonik, Danau Paniai dinobatkan sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India. Terletak di kentinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar, danau penghasil ikan tawar terbesar di Papua ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Di sini, pengunjung dapat melihat siluet tebing-tebing, burung-burung berterbangan di atas danau hingga perahu nelayan setempat yang mulai merapat pulang.

Berbagai kegiatan menarik pun juga tersedia bagi pengunjung yang ingin meningkatkan pengalaman berliburnya. Salah satunya adalah aktivitas memancing dengan perempuan-perempuan suku Mee dan Moni yang biasa dipanggil dengan ‘mama’. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai, mulai dari pos jaga, pemandu, sewa perahu, alat pancing hingga warung makan disekitar danau. Untuk menikmati keindahan danau ini lebih lama, pengunjung juga dapat menginap di rumah warga lokal.

 

Pulau Pianemo

5.jpg

Foto dok: phinemo.com

 

Salah satu tujuan favorit para traveller dari penjuru dunia di Papua Barat adalah Pulau Pianemo. Dikenal akan perbukitan karst dan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan, pulau ini menawarkan berbagai aktivitas memicu adrenalin karena medannya yang menantang. Kendati demikian, perjalanan mengelilingi perbukitan ini akan terbayar ketika pengunjung dapat dengan leluasa menyaksikan keindahan pemandangan pulau-pulau karang dan pemandangan air laut biru kehijauan.

 

Inilah lima spot wisata indah yang bisa kamu temukan di Papua. Berminat untuk mengunjunginya?

Share :