November 06, 2021

Kekayaan Miliarder Dunia Elon Musk Menembus US$300 Miliar

Sang miliarder tersebut juga berencana untuk menjual saham Tesla-nya dan menyumbangkan US$6 miliar untuk mengakhiri kelaparan dunia jika Program Pangan Dunia PBB dapat menjelaskan rincian penggunaan uang dengan tepat

by Mobiliari Team

Image by elonrmuskk


Chief executive officer (CEO) Tesla dan Spacex, Elon Musk, dinobatkan menjadi orang pertama di dunia yang memiliki kekayaan lebih dari US$300 miliar, dengan kekayaan bersihnya saat ini yang mencapai US$311 miliar. Menurut Bloomberg Billionaires Index, lonjakan harta kekayaan miliarder itu terjadi setelah Musk menambahkan US$141 miliar ke dalam data kekayaan bersihnya di tahun ini, 

 

Saat ini, perbedaan harta kekayaan antara Elon Musk dengan orang terkaya kedua di dunia, Jeff Bezos, mencapai US$116 miliar. Kekayaan bersih sang pendiri Amazon saat ini mencapai US$195 miliar. Dari US$311 miliar yang dimiliki oleh Elon Musk, US$190 miliar berasal dari ekuitas Tesla-nya. Brand mobil mewah itu sendiri juga secara resmi mencapai valuasi pasar publik sebesar $ 1 triliun minggu lalu tidak lama setelah perusahaan tersebut menambahkan lebih dari $ 100 miliar ke kapitalisasi pasarnya dalam satu hari.

 

Pencapaian nilai yang fantastis tersebut datang setelah Hertz mengumumkan akan mengakuisisi 100.000 Tesla untuk mendirikan “armada” penyewaan kendaraan listrik terbesar di Amerika Utara. Setelah kesepakatan itu, Tesla melihat sahamnya ditutup di nilai US$1.025, yang mengakibatkan nilai total perusahaan hingga lebih dari US$1 triliun.

Sisa US$311 miliar Elon Musk berasal dari aset pribadi dan aset lainnya dengan total jumlahnya sekitar US$46,6 miliar.

 

Image by ellonmusk.official

Karena lonjakan hartanya yang cukup ekstrim, Elon Musk dengan cepat mengumumkan tantangannya dalam dunia philanthropy. Di dalam tweetnya yang diposting pada tanggal 31 Oktober yang lalu, Musk menantang Program Pangan Dunia (World Food Programme) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. “Jika WFP dapat menjelaskan di utas Twitter ini dengan tepat bagaimana $6 miliar akan mengatasi kelaparan dunia, saya akan menjual saham Tesla sekarang dan melakukannya. Namun harus menggunakan open-source accounting agar publik dunia bisa melihatnya” jelasnya dalam platform microblogging tersebut. Tweet tersebut juga berfungsi sebagai tanggapan atas tweet Dr Eli David, seorang peneliti yang membantah klaim bahwa hanya dua persen dari kekayaan Musk yang dapat mengatasi kelaparan dunia.

 

Direktur WFP, David Beasley, dengan cepat menanggapi pernyataan Elon Musk dengan mengatakan bahwa US$6 miliar tidak akan menyelesaikan kelaparan dunia, tetapi dapat mencegah ketidakstabilan geopolitik, migrasi massal, dan dapat menyelamatkan 42 juta orang dari ambang kelaparan. “Elon Musk, dengan bantuan Anda, kami dapat membawa harapan, membangun stabilitas, dan mengubah masa depan. Mari kita bicara. Ini tidak serumit Falcon Heavy, tetapi terlalu banyak yang dipertaruhkan apabila tidak memiliki kesempatan untuk berbincang. Saya bisa berada di penerbangan berikutnya untuk Anda. Usir aku jika kamu tidak menyukai apa yang kamu dengar!” jelasnya.

 

Menjawab keinginan sang direktur WFP, Elon kemudian meminta Beasley untuk membuat pengeluaran organisasi saat ini seperti apa yang diusulkan oleh publik sehingga orang dapat melihat dengan tepat kemana uang tersebut pergi. Sang miliarder kemudian mengakhiri utasan tweet tersebut dengan menulis, “Sinar matahari adalah hal yang luar biasa.”

 

Share :