June 12, 2021

5 Aktivitas Penunjang Untuk Mendukung Perkembangan Anak

Ketika seorang anak telah memasuki masa-masa emas dalam perkembangannya, sudah bukan menjadi suatu rahasia apabila orang tua memberikan dukungan penuh terhadap tumbuh kembang sang buah hati. Di dalam kehidupan modern ini, aktivitas motorik serta pengenalan teknologi kepada anak menjadi sebuah kunci yang berperan besar dalam mengembangkan sisi kreativitas sang anak. Berikut adalah 5 alat penunjang untuk mendukung perkembangan anak.

by Hesikios Kevin

 

Puzzle

Puzzle menjadi salah satu permainan menarik untuk mengelitik rasa ingin tahu sang anak. Permainan menyambung potongan gambar ini membantu mengembangkan koordinasi tangan, mata, serta keterampilan motorik halus karena permainan tersebut mendorong anak untuk mencocokkan setiap bagian dengan tepat. Tidak hanya mendukung sisi motorik, puzzle juga melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah sekaligus mempertajam kemampuan berfikir logis anak. 

 

Lego

Salah quote terkenal dari Albert Einstein adalah “imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”. Imajinasi menjadi salah satu unsur penting bagi anak untuk mengembangkan sisi kreativitasnya. Permainan klasik Lego menjadi salah satu aktivitas menarik karena memberikan kebebasan bagi sang buah hati untuk mengkreasikan lego tersebut menjadi banyak bentuk dan rupa. Tidak hanya menstimulasi imajinasi anak, Lego juga melatih dan meningkatkan kemampuan anak untuk mentransformasikan ide menjadi sebuah bentuk.

 

Rubik

Dengan berbagai warna yang tersedia, Rubik menjadi salah satu alat penunjang perkembangan yang akan disukai sang anak. Banyak sekali manfaat perkembangan yang bisa didapatkan melalui permainan ini. Beberapa manfaat tersebut seperti mempertajam kemampuan mengingat, meningkatkan keterampilan mental, serta melatih kontrol emosi anak. Tidak hanya itu, bermain Rubik juga bisa menjadi penyalur stress yang positif untuk sang anak

 

Alat Musik

Tidak dipungkiri bahwa mendengarkan dan bermain musik melatih ketajaman insting anak akan keindahan harmoni lagu serta meningkatkan naluri anak dalam mengkombinasikan berbagai dentingan nada menjadi suatu kesatuan yang utuh. Musik menggunakan banyak bagian otak yang berbeda sekaligus untuk memproses ritme, emosi, serta gerakan dalam memainkan alat musik. Semua elemen musik, termasuk tempo, nada, dan ketukan, adalah bagian penting dari belajar bermusik yang akan membantu anak untuk mengembangkan otak kanannya.

 

Tablet Khusus Anak

Dengan maraknya berbagai perkembangan teknologi di zaman ini, Tablet menjadi sebuah alat pembelajaran berharga untuk anak-anak dalam menyediakan akses ke banyak permainan edukatif, aktivitas motorik dan visual, serta berbagai hal menarik lainnya. Huawei, sebagai salah perusahaan teknologi telekomunikasi terbesar di Asia, telah meluncurkan HUAWEI MatePad T10 Kids Edition yang berisikan sejumlah fitur modern yang cocok untuk mengenalkan anak ke dalam dunia digital.  Menjadi tablet pertama yang menargetkan anak dalam segmen pasar mereka, MatePad T10 Kids Edition menyediakan fasilitas Kids Corner untuk memudahkan sang anak mengakses taman bermain virtual dengan aman. Tablet tersebut juga memberikan orang tua kontrol penuh untuk mengakses beragam data dan aplikasi untuk melindungi buah hati dari konten yang tidak sesuai dengan umur mereka. Hadir dengan dengan Kids Case yang terbuat dari silikon ramah lingkungan dan bagian belakang yang melengkung, gadget ini juga dilengkapi dengan pena stylus berwarna biru cerah. Orang tua yang memiliki jadwal yang padat tidak perlu khawatir karena Kids Corner memberikan perlindungan digital dan fisik untuk anak-anak. Hal ini juga menjadikan Huawei MatePad T10 Kids Edition sebagai tablet anak pertama yang sempurna untuk menjelajah dunia virtual. Peluncuran tersebut akan disiarkan pada tanggal 16 Juni 2021 pukul 7 malam dalam platform Vidio, serta di YouTube Huawei Mobile Indonesia juga Instagram Huawei Mobile Indonesia.

Share :